Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2015, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Mendengar kata "Anda terdiagnosis kanker" dari dokter adalah sesuatu hal yang tidak ingin kita alami dalam hidup. Tapi, menurut penelitian setengah orang dewasa akan mendapat diagnosis kanker.

Hal itu disampaikan oleh tim peneliti yang memuat hasil studi mereka di British Journal of Cancer. Mereka menyimpulkan, satu dari dua orang di Inggris yang lahir di tahun 1960 akan mengalami kanker dalam satu masa hidupnya.

Jika dirinci berdasarkan jenis kelamin, angkanya lebih rendah pada perempuan, tapi ini karena kebanyakan laki-laki perokok. Laki-laki yang lahir di tahun 1960 memiliki risiko kanker dalam hidupnya sekitar 53,5 persen, sementara perempuan 47,5.

Hasil studi ini juga memprediksi peningkatan kasus kanker. Sebagai perbandingan, hanya satu dari tiga orang Inggris yang lahir di tahun 1930 yang diprediksi menderita kanker.

Hasil studi tersebut memang menakutkan. Tetapi risiko tersebut menunjukkan beberapa hal, pertama orang makin panjang umur sehingga mereka juga makin beresiko kanker.

"Makin banyaknya orang yang menderita kanker juga karena alat-alat diagnosis semakin baik, misalnya saja mamografi untuk kanker payudara dan tes PSA untuk kanker prostat," kata Len Lichtenfeld dari American Cancer Society.

Walau kasus kanker diketahui semakin banyak, tapi sebenarnya angka kematian akibat penyakit ini terus menurun. Sejak tahun 1990-an, kematian akibat kanker turun 20 persen.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker, misalnya saja tidak merokok, hidup aktif, menjaga berat badan, mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, serta membatasi asupan makanan yang diproses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com