Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2015, 11:21 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com – Menonton film di bioskop maupun di rumah biasanya dilakukan sambil mengudap camilan. Namun, hati-hati bagi yang suka menonton film sedih. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sering menonton film sedih bisa membuat seseorang menjadi gemuk. Bagaimana bisa?

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine, orang yang menonton film sedih menghabiskan popcorn 55 persen lebih banyak daripada mereka yang menonton film komedi.

Penelitian ini dilakukan terhadap sekelompok orang yang menonton film sedih Love Story dan film yang mengundang tawa, Sweet Home Alabama. Peneliti juga melihat banyaknya kotak popcorn di lantai dan tempat sampah di bioskop seusai menonton film.

"Setelah film berakhir, penonton menyeka air mata. Mereka yang telah menyaksikan Love Story diketahui makan popcorn 36 persen lebih banyak,” ujar peneliti Brian Wansink dari Cornell University seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Peneliti juga mengamati orang-orang yang menonton film sedih Solaris dan film komedi My Big Fat Greek. Hasilnya, penonton film Solaris menghabiskan popcorn 55 persen lebih banyak dibanding mereka yang menonton film My Big Fat Greek.

Menurut peneliti, film sedih dapat memengaruhi emosional seseorang. Tanpa disadari, seseorang akan terus mengunyah camilan untuk mengimbangi kesedihan saat menonton film yang dapat membuat mereka meneteskan air mata. Camilan dianggap dapat membuat suasana hati yang sedih jadi lebih baik.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, para peneliti menyarankan mereka untuk menjauhkan diri dari cemilan saat menonton film sedih. Jika menonton di rumah, simpanlah camilan di lemari atau bawalah secukupnya. Agar lebih sehat, cemilan seperti popcorn bisa diganti dengan buah-buahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com