Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2015, 09:33 WIB

TANYA:
Dokter mengatakan ada folikel saya yang besar sehingga dapat mengganggu kehamilan. Kami mengikuti program IVF. Saya diberi pil untuk mengecilkan folikel, kalau tidak berhasil maka harus dipecahkan dengan suntikan ke dalam rahim. Resikonya bisa infeksi. Apakah benar folikel yang besar mengganggu kehamilan? Apa penyebab folikel saya jadi besar? Makanan apa yg dapat menetralkannya secara alami? terima kasih dokter.
Wati (40), Bekasi


JAWAB:

Ibu Wati Yth,

Untuk program IVF ada berbagai persyaratan yang harus di penuhi. Antara lain keadaan organ kandungan dalam normal. Tidak ada kista atau miom. Folikel yang membesar bila diameternya kurang dari 4 cm, tidak perlu ada tindakan. Tapi kalau jenis kistanya mencurigakan maka harus dilakukan operasi terlebih dahulu.

Untuk persiapan hamil memang ibu dan bapak harus sehat. Upayakan makan yang bergizi, olahraga teratur dan cukup istirahat.

Semoga cepat hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com