Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2015, 13:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis


KOMPAS.com - Sejumlah latihan fisik bisa dilakukan dimana saja. Demikian pula beberapa pose yoga. Bisa Anda lakukan bahkan ketika sedang berada di ruang kerja yang tergolong kecil. Cukup menggunakan kursi yang biasa dipakai, sejumlah pose yoga dapat dilakukan.  

Tentu saja, pose yoga yang dilakukan tergolong yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan ruang terlalu besar. Berikut pose yang bisa diselipkan di sela-sela kesibukan Anda bekerja. Pose ini juga akan membantu memastikan leher, punggung, lengan, dan punggung tetap dalam kondisi baik.
 
Pose neraca. Duduk di ujung kursi, tekan kursi dengan menggunakan kedua tangan di samping pinggul. Kencangkan otot abdominal lalu angkat kaki dan bokong dari kursi. Upayakan bahu rileks. Tahan selama 3-5 hitungan napas. Turunkan tubuh dan ulangi sebanyak dua kali. 
 
Pose high altar. Kaitkan kedua jari-jari tangan di depan dada. Tarik napas dalam dan angkat kedua lengan yang sudah berkaitan tersebut ke atas dengan telapak tangan menghadap ke atas. Dengan bahu rileks, secara perlahan tarik tubuh ke arah kiri. Tahan selama 5-8 napas lalu lakukan untuk arah sebaliknya. 
 
Twist. Duduk di ujung kursi dengan posisi tubuh tegak. Lalu putar tubuh ke arah kiri. Gunakan tangan kiri untuk berpegangan pada bagian atas kursi agar bisa melakukan twist lebih dalam. Tahan selama 5-8 hitungan napas lalu putar ke arah kanan. 
 
Cow face arms. Duduk di ujung kursi dengan posisi tegak. Angkat tangan kanan ke atas kemudian tekuk siku hingga jari menyentung punggung. Setelah itu, tekuk tangan kiri di belakang punggung dengan punggung tangan menempel di punggung. Jika mampu, sentuh jari-jari tangan kanan dan kaitkan dengan jari tangan kiri. Tahan selama 5-8 napas. Lalu lakukan untuk tangan yang berbeda. 
 
Pergelangan kaki bertumpu ke lutut. Duduk di ujung kursi. Angkat pergelangan kaki kiri dan bertumpu di atas lutut kanan. Kemudian tekan lutut kiri secara perlahan ke bawah agar paha lebih terbuka. Jaga agar punggung tetap lurus, condongkan tubuh sedikit ke depan untuk peregangan lebih dalam. Tahan selama 5-8 hitungan napas. Lakukan untuk kaki kanan. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com