Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Es Krim Tercemar Listeria, 3 Orang di Kansas Meninggal

Kompas.com - 17/03/2015, 10:08 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber TIME.com


KOMPAS.com
– Bakteri Listeria monocytogenes kembali merengut nyawa manusia. Kali ini tiga orang di Kansas yang meninggal dunia setelah makan es krim Blue Bell Creameries yang terkontaminasi bakteri listeria.

Semantara itu, beberapa orang lainnya dirawat di rumah sakit karena terinfeksi bakteri ini. Produksi es krim itu pun telah ditarik dari pasaran. Lantas bagaimana bisa es krim yang dingin tercemar bakteri listeria?

Bakteri listeria dapat tetap hidup pada suhu rendah, bahkan pada suhu 40 derajat Fahrenheit. Menurut the Food and Drug Administration (FDA), semakin lama makanan siap saji didinginkan atau disimpan di lemari es, maka semakin mudah bakteri untuk berkembang biak.

"Ini masalah bagi makanan dingin seperti es krim dan keju," kata Bill Marler, seorang pengacara keamanan pangan dari Washington.

The FDA menemukan adanya kontaminasi bakteri listeria pada satu jalur produksi es krim Blue Bell Creameries di Brenham, Texas. Diduga, bakteri tersebut terkontaminasi melalui mesin produksi es krim.

Kasus es krim terkontaminasi bakteri listeria bukan yang pertama kalinya terjadi di Amerika. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, sekitar 1.600 orang Amerika jatuh sakit karena terinfeksi bakteri listeria setiap tahunnya.

Baru-baru ini bakteri listeria juga terkontaminasi pada apel dari California yang menyebabkan 35 orang di 12 negara jatuh sakit dan 7 orang meninggal dunia.

Bakteri listeria juga pernah tercemar pada keju dan produk susu yang dihasilkan oleh Oasis Brands, Inc. yang menyebabkan lima orang sakit dan satu orang meninggal dunia. Sebanyak enam orang juga pernah terinfeksi dari produk keju Crave Brothers Farmstead Cheese Company. Satu diantaranya meninggal dunia.

Jika termakan dalam jumlah sedikit, bakteri ini sebenarnya tidak berbahaya bagi orang yang sehat. Namun, berbahaya bagi orang yang daya tahan tubuhnya lemah, ibu hamil, dan anak-anak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com