Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2015, 13:00 WIB


TANYA:

Dok mau tanya , gigi geraham bawah saya bolong sakitnya terus menerus, kalau minum ponstan reda, tapi setelahnya sakit lagi. Saya nggak mau minum obat terus-terusan dikarenakan takut kecanduan, apa jalan satu-satunya harus dicabut Dok? Terimakasih

Ina (31), Cianjur

 

JAWAB:

Hai Mbak Ina di Cianjur, menarik sekali pertanyannya.

Gigi geraham bawah Anda berlubang, ada rasa sakit spontan terus-menerus, namun rasa sakit hilang sementara ketika anda minum obat pereda rasa sakit (analgesik). Gejala-gejala tersebut menunjukkan gigi sedang mengalami peradangan di ruang saraf dan pembuluh darah gigi.

Peradangan tersebut muncul akibat gigi Anda berlubang sudah sangat dalam, sehingga bakteri mengeluarkan toksinnya dan menimbulkan infeksi di ruang saraf serta pembuluh darah gigi. Rasa sakit yang dirasakan saat ini, diakibatkan oleh tekanan di dalam ruang gigi tersebut yang mendesak keluar, namun terhalang oleh struktur gigi yang keras dan kaku.

Gigi yang berlubang dan sakit terus-menerus, tidak selalu harus dicabut. Gigi tersebut dapat dipertahankan dengan syarat sisa gigi serta perbandingan mahkota-akar gigi nya dapat menopang tambalan, tidak ada retak sampai ke akar gigi, dan keadaan jaringan di sekeliling gigi dan akar gigi tersebut baik.

Jika gigi Anda memenuhi persyaratan tersebut, maka pilihan perawatannya adalah dilakukan perawatan saluran akar gigi. Tujuan perawatan ini adalah mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi, serta mengembalikan fungsi kunyah, fonetik, dan estetik melalui pembuatan tambalan gigi yang sesuai dengan bagian gigi yang tersisa.

Jumlah kunjungan perawatan saluran akar gigi bervariasi, tergantung beratnya kasus. Biasanya diperlukan kunjungan lebih dari 1 kali.

Sebagai referensi tambahan, silahkan anda lihat artikel konsultasi kesehatan gigi dan mulut pada tanggal 16 April 2014 dengan judul “Gigi Berlubang dan Infeksi, Ini Tandanya”.

Untuk melakukan perawatan saluran akar gigi ini, sebaiknya Anda segera mendatangi dokter gigi spesialis konservasi gigi (Drg., SpKG), sehingga penjelasan dan perawatan yang dilakukan akan lebih memadai sesuai kompetensi yang dimiliki spesialisasi tersebut. Serta, hentikan penggunaan analgesiknya jika Anda telah mendapatkan perawatan dari dokter gigi.

Demikian Mbak Ina di Cianjur, semoga jawabannya memuaskan.
Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com