Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum 16 Gelas Es Teh per Hari, Pria Ini Alami Gagal Ginjal

Kompas.com - 03/04/2015, 12:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
–  Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal. Berdasarkan temuan kasus baru, seorang pria berusia 56 tahun mengalami gagal ginjal diduga karena kebiasannya minum es teh setiap hari.

Dokter Alejandra Mena-Gutierrez dari University of Arkansas menilai, gagal ginjal tidak akan terjadi jika teh tidak dikonsumsi secara berlebihan.

"Jika Anda sehat dan minum teh dengan tidak berlebihan, seharusnya tidak menyebabkan kerusakan pada ginjal,” kata Gutierrez seperti dikutip dari Livescience.com.

Mulanya, pria tersebut mengeluh sakit dan merasa lemah pada Mei 2014. Kemudian dokter mengambil sampel urin pria tersebut. Hasilnya, pada urin pria tersebut terdapat kristalisasi kalsium oksalat yang cukup tinggi atau batu ginjal.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu juga tidak memiliki riwayat keluarga terhadap penyakit ginjal maupun batu ginjal.

Pria itu pun mengaku kepada dokter bahwa setiap hari bisa menghabiskan 16 gelas es teh hitam. Teh hitam merupakan teh yang kaya oksalat, suatu senyawa yang dapat menyebabkan masalah ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Para dokter kemudian menyimpulkan bahwa konsumsi teh hitam yang berlebihan itulah yang menyebabkan gagal ginjal.

"Dengan 16 cangkir teh setiap hari, konsumsi harian oksalat bisa lebih dari 1500 miligram. Ini lebih tinggi dari rata-rata konsumsi orang Amerika,” tulis peneliti.

Rata-rata orang di Amerika Serikat diketahui mengosumsi sekitar 152-511 miligram oksalat per hari. Padahal, Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika hanya merekomendasikan konsumsi oksalat 40-50 mg per hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com