Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Cuci Tangan Sebabkan Ibu Hamil Terinfeksi Toksoplasma

Kompas.com - 05/04/2015, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Banyak yang mengatakan, jauhilah hewan peliharaan Anda saat hamil. Pernyataan itu bukan tanpa alasan.

Menurut Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin Kusumayati, hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan burung dapat menyebarkan parasit toksoplasma. Namun, penularannya biasanya melalui makanan dan minuman yang dikosumsi ibu hamil.

“Kita habis main-main sama kucing, kemudian enggak cuci tangan, enggak sadar megang makanan, bisa kena toksoplasma,” kata Agustin dalam diskusi Keamanan Pangan di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Menurut Agustin, terinfeksi toksoplasma dapat berakibat fatal, antara lain membuat ibu hamil mengalami keguguran. Toksoplasma yang menginfeksi tubuh manusia, yaitu toksoplasma gondii yang menjadi parasit di tubuh hewan.

“Ibu hamil yang keguguran itu bisa jadi karena toksoplasma. Tapi ini hanya salah satu penyebab. Penyebab keguguran lainnya banyak,” ujar Agustin,

Toksoplasma juga dapat menganggu perkembangan janin yang dikandung, sementara pada anak-anak, toksoplasma dapat menganggu tumbuh kembang. Menurut Agustin, biasanya akan memengaruhi tingkat kecerdasan otak anak.

"Mereka bisa mengalami efek retardasi yang menghambat tumbuh kembang otak anak," terang Agustin.

Pola hidup bersih dan sehat adalah kunci untuk menghindari paparan virus maupun bakteri melalui makanan. Anak-anak boleh saja mengenal hewan, tetapi biasakan mencuci tangan pakai sabun sebelum makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com