Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2015, 11:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
– Diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat di Indonesia. Kebanyakan terjadi karena pola hidup yang tidak sehat sehingga menyebabkan diabetes tipe 2.

Pola hidup sehat pun dapat diatur dengan membatasi asupan makanan yang manis dan berlemak, serta olahraga teratur. Berdasarkan studi terbaru, diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan rutin konsumsi telur.

Menurut  peneliti dari Skandinavia, orang yang mengosumsi  empat telur per minggu memiliki 37 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibanding orang yang hanya konsumsi satu telur per minggu.

Berdasakan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi telur secara teraur dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Namun, konsumsi telur lebih dari empat telur seminggu tidak disarankan karena tak akan memberikan hasil yang signifikan.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh University of Eastern Finland justru menilai telur adalah makanan yang tinggi kolesterol sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Namun, menurut profesor epidemiologi gizi dari Universitas Eastern Finland Jyrki Virtanentidak ada bukti yang kuat untuk itu.

Selain telur, peneliti juga menemukan bahwa konsumsi makanan seperti  susu tinggi lemak, seperti yogurt dan keju juga dapat mengurangi risiko diabetes.

"Orang-orang yang makan produk susu tinggi lemak memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan sedikit,” kata dokter Ulrika Ericson.

Meski begitu, para peneliti juga menyebutkan bahwa populasi orang yang sering makan telur di Finlandia pada umumnya juga memiliki gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, rajin berohraga, serta aktif secara fisik. Dengan kata lain, makan telur bukan satu-satunya faktor yang mencegah diabetes, kita juga harus mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat dan aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com