Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2015, 13:16 WIB

TANYA:
Dok, normalkah jika haid hanya berlangsung 3 hari dan langsung bersih? Saat ini saya sudah menikah selama 10 bulan tapi belum juga hamil. Beberapa bulan belakangan haid saya berlangsung kurang dari 5 hari.
 
Pada bulan Maret saya haid tgl 20-tgl 22, dan pada tgl 23 ternyata haid saya telah bersih total. Lalu pada tanggal 27 malam saya periksa ke dokter kandungan untuk konsultasikan mengenai haid saya tersebut yang hanya 3 hari & ternyata setelah di USG dokter mengatakan kalau masih ada sisa haid yang belum keluar (seperti tersumbat).
 
Lalu dokter memberikan obat Lantiflam 50 ketoprofen 50 mg dan Myotonic Methylergometrine @ 20 buah untuk diminum selama seminggu (3x sehari).
 
Sebenarnya ada penyakit apakah yang saat ini ada didalam tubuh saya terkait dengan haid tersebut? Dan apakah yang harus saya lakukan agar sisa haid saya tersebut dapat keluar semuanya sehingga siklus haid saya bisa normal kembali? Apakah saya berpeluang bisa hamil dan melahirkan keturunan dari rahim sendiri? Terkadang saya suka merasakan kram perut dan sering mengeluarkan gas seperti kentut pasca berhubungan dengan suami baik pada masa subur maupun setelah masa subur. Mohon petunjuknya ya dokter, karna saya kurang paham dengan kondisi siklus haid saya tersebut pasca menikah. Terima kasih.
 
Ny.P, 32, Jakarta

JAWAB:

Ibu P yth.
Haid yang teratur sangat dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari. Kalau sudah diperiksa dan tidak ada kelainan fisik , seperti ada miom , polip atau kista,  maka hal itu adalah normal. Tinggal fungsinya yang terganggu atau tidak.

Kalau haid 3 hari menurut saya masih normal ya. Seharusnya datanya ditambah dengan ada atau tidaknya sel telur yang berkembang. Jarang sekali diagnosis rahim tersumbat, kecuali memang ada kelainan fisik di rahimnya.

Coba ibu sekali lagi periksa ke dokter kandungan untuk menilai masa suburnya. Semoga tidak ada masalah. Dan ibu bisa hamil normal. Jangan lupa cek spermanya karena mungkin saja ada masalah di pihak suami.  Semoga segera hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com