Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Matang Dongkrak Nilai Gizi Salad Sayuran

Kompas.com - 09/04/2015, 13:10 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com - Para penggemar sayuran mentah mungkin dapat mencoba menambahkan telur matang ke dalam salad. Studi terbaru menemukan mencampur telur dengan sayuran mentah meningkatkan penyerapan karotenoid sembilan kali lipat di dalam tubuh.

Riset dari Purdue University, Indiana menyajikan kepada 16 peserta penelitian tiga variasi makanan : salad tanpa telur, salad dengan separuh telur dan salad dengan tiga telur.

Ternyata terdapat peningkatan sembilan kali lipat penyerapan karotenoid dari salad yang diberi tiga telur. Bahan-bahan yang menyehatkan dari sayur, mulai dari beta karoten hingga likopen, berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

"Masyarakat Amerika masih kurang mengonsumsi sayur dan dari penelitian ini kita mendapat jalan meningkatkan nilai nutrisi dari sayuran juga menerima manfaat nutrisi dari kuning telur," kata peneliti Wayne Campbell.

"Di saat makan di salad bar, pertimbangkan menambah telur matang ke dalam salad sayur mentah. Bukan hanya lutein dan zeaxanthin dari telur saja yang kita peroleh tapi juga nilai nutrisi dari sayuran yang meningkat karena terserap lebih baik," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com