Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Anjing Mampu Diagnosis Kanker Prostat?

Kompas.com - 15/04/2015, 09:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
– Anjing tak hanya dikenal sebagai hewan peliharaan yang pandai dan setia. Anjing yang satu ini bahkan bisa mendeteksi kanker prostat yang diderita manusia dengan tingkat akurasi mencapai 98 persen.

Dalam penelitian yang pernah dilakukan oleh badan amal Medical Detection Dogs, dokter Claire Guest mengatakan bahwa peneliti pernah menemukan anjing dapat mendeteksi penyakit kanker prostat dan kanker kandung kemih dengan tingkat akurasi mencapai 93 persen.

Sementara itu, penelitian terbaru oleh Departemen Urologi di Humanitas Clinical and Research Center, Milan, kembali menunjukkan hasil yang memuaskan. Kali ini penelitian dilakukan dengan melibatkan dua anjing. Kedua anjing tersebut diminta mengendus urine 900 pria, di mana sebanyak 360 orang di antaranya memiliki kanker prostat.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Urology ini menyatakan, anjing pertama dapat mendeteksi kanker prostat hingga 98,7 persen dan anjing kedua 97,6 persen. Menurut peneliti, anjing mampu mendeteksi kanker prostat melalui senyawa organik volatil dalam urine.

"Ini hasil yang spektakuler. Penelitian ini bukti lebih lanjut bahwa anjing memiliki kemampuan untuk mendeteksi kanker manusia,” kata Guest.

Sejauh ini deteksi kanker prostat dilakukan dengan tes darah, pemeriksaan fisik maupun biopsi. Menurut Guest, anjing dapat menjadi alternatif deteksi kanker prostat dengan hasil cukup akurat.

Mereka adalah anjing-anjing yang telah dilatih secara khusus oleh Medical Detection Dogs yang berbasis di Milton Keynes. Medical Detection Dogs memang sudah sering melatih anjing untuk mendeteksi penyakit manusia melalui indera penciuman anjing yang tajam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com