Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2015, 11:40 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Seringkali wanita mengalami masalah dengan menstruasi yang normalnya datang satu kali dalam satu bulan ini. Salah satu gangguan saat menstruasi yaitu, pendarahan berlebih atau Heavy Menstrual Bleeding (HMB).

Profesor Obstetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia Biran Affandi mengungkapkan, HMB cukup banyak dialami wanita. Namun, sering kali para wanita tidak sadar bahwa darah yang keluar saat menstruasi melebihi batas normal.

“Banyak wanita enggak sadar bahwa pendarahan menstruasi berlebih terjadi pada dia. HMB bisa terlihat apakah dia perlu banyak ganti pembalut dalam satu hari,” ujar Biran dalam diskusi di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Biran menjelaskan, normalnya saat menstruasi darah yang keluar tak lebih dari 80 mililiter. Pada wanita yang mengalami HMB, ia akan lebih sering mengganti pembalut terutama pada malam hari. Bahkan, penggantian pembalut bisa terjadi setiap jam berturut-turut.

Selain itu, HMB juga bisa ditandai dengan lamanya terjadi menstruasi. Menurut Biran, menstruasi yang normal biasanya hanya terjadi selama lima hari.

Orang yang mengalami pendarahan berlebih saat menstruasi biasanya akan merasa lemas. Jika dibiarkan, kondisi HMB ini dapat menyebabkan anemia.

"Kalau wanita sering merasa lemas hingga enggak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena menstruasi, misalnya enggak bisa mengantar anak ke sekolah. Itu bisa jadi ada perdarahan menstruasi berlebih," terang Biran.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com