Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terancam Dikeluarkan dari Fakultas Kedokteran, Dr Oz Membela Diri

Kompas.com - 21/04/2015, 16:51 WIB

KOMPAS.com — Dokter Mehmet Oz membela dirinya melawan 10 dokter yang menuduhnya mempromosikan "terapi perdukunan" di program televisinya.

Dalam pernyataannya, Oz mengatakan, tayangannya menampilkan "berbagai sudut pandang", termasuk pandangan pribadinya. Ia mengatakan bahwa pandangannya disampaikan tanpa adanya "konflik kepentingan".

Sebelumnya, 10 orang dokter mengirimkan surat kepada Universitas Columbia dan meminta universitas mengeluarkan Oz dari fakultas kedokteran. Mereka menilai Oz tidak memiliki integritas sebagai dokter.

Salah satu dokter yang menuntut tersebut adalah Dr Henry Miller, peneliti senior di Stanford Hoover Institution.

Sementara itu, juru bicara Universitas Columbia mengatakan bahwa sekolah ini berkomitmen pada prinsip kebebasan akademik dan membebaskan anggota fakultas mengekspresikan laporan yang mereka buat dalam diskusi publik.

Saat ini Oz adalah wakil ketua departemen bedah di Universitas Columbia dan terkadang masih mengajar. Ia juga melakukan operasi jantung di rumah sakit yang berafiliasi dengan Universitas Columbia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com