Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artika Sari Devi Tak Ragu Beri Imunisasi Lengkap pada Anak

Kompas.com - 23/04/2015, 17:19 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Putri Indonesia tahun 2004 Artika Sari Devi (35) mengaku telah memberikan imunisasi lengkap pada kedua anaknya, yaitu Sarah Ebiela Ibrahim (5) dan Dayana Zoelie Ibrahim (2).

Menurut Artika, imunisasi sangat penting untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian vaksin. Mulanya, Tika dan suami, Ibrahim Imran atau yang akrab disapa Baim itu sempat bimbang apakah anak perlu diberi imunisasi. Namun, setelah berkonsultasi dengan dokter anak, ia pun sadar pentingnya vaksin bagi anak.

"Kita sangat yakin dan mantap memberikan imunisasi, selain ASI eksklusif. Itu kan hak anak, ya," ujar Tika dalam diskusi Pekan Imunisasi Dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Menurut Tika, bayi wajib mendapatkan vaksin agar tidak terkena penyakit seperti difteri, tetanus, polio, hingga campak yang pernah mewabah. Pemberian imunisasi lengkap pun telah terbukti menurunkan bahkan menghilangkan kasus anak yang terkena penyakit tersebut.

Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan Jane Soepardi mengatakan, vaksin yang termasuk dalam program imunisasi dari pemerintah telah diberikan secara gratis. Jane menegaskan, jika imunisasi merupakan intervensi kesehatan yang paling sukses dan hemat biaya.

Imunisasi terbukti membuat Indonesia bebas polio yang ditandai dengan dikeluarkannya sertifikat bebas polio dari WHO pada 27 Maret 2014. Kemudian terjadi penurunan lebih dari 90 persen angka kesakitan dan kematian akibat penyakit difteri, pertusis atau batuk 100 hari, tetanus, hingga campak dibandingkan 20 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com