Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2015, 18:27 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Penasihat Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, Kartono Muhammad, menilai peringatan bergambar atau pictorial health warning (PHW) pada bungkus rokok di Indonesia masih kurang menyeramkan.

Kartono membandingkannya dengan gambar bungkus rokok di luar negeri. "Di negara lain ada yang gambar jenazah, seperti di Inggris," kata Kartono di Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Menurut dia, tujuan utama adanya PHW adalah mencegah munculnya perokok baru. Gambar seram pada bungkus rokok diharapkan dapat membuat remaja berpikir dua kali untuk mulai merokok.

"PHW ini diterapkan dan ditujukan agar jangan ada anak muda yang merokok. Tujuannya mengurangi konsumsi rokok," kata Kartono. Selain adanya PHW, menurut Kartono, harga rokok dan cukai juga harus dinaikkan. Rokok pun harus dilarang jadi sponsor suatu acara.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia sudah sangat lunak terhadap produsen rokok. Meski demikian, banyak produsen rokok yang tidak mematuhi peraturan, seperti masih beredarnya bungkus rokok tanpa PHW, ataupun PHW yang ditutup pita cukai. Pemerintah pun dinilai kurang tegas dalam menindak produsen rokok yang melanggar peraturan.

"Pemerintah bikin peraturan, tetapi dilecehkan. Sampai sekarang tidak ada ketegasan menindak karena saling lempar," kata dia. Padahal, rokok sudah jelas membahayakan kesehatan. Tidak ada satu pun manfaat dari merokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com