Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2015, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kekuatan super seperti Clark Kent sepertinya memang hanya ada di komik. Meski begitu, sebenarnya ada orang-orang tertentu yang punya kemampuan super, terutama panca inderanya, jauh di atas kemampuan manusia normal.

Penasaran apakah Anda juga memiliki kemampuan super tersebut? Simak tanda-tandanya.

Gampang mengingat wajah
Sekitar satu sampai dua persen dari populasi penduduk bumi memiliki kemampuan super dalam hal mengingat wajah. Mereka bisa mengingat wajah orang yang baru mereka temui sebentar dan masih bisa mengingatnya walau sudah tak bertemu cukup lama.

Orang biasa hanya bisa mengingat 20 persen dari wajah yang mereka lihat sekilas, sementara pada orang-orang "super" ini, mereka ingat 80 persen. Di masa kekaisaran Romawi, orang-orang super ini direkrut untuk berdiri di dekat kaisar saat ada acara besar sehingga bisa langsung mengingat mana yang teman dan musuh.

Di zaman modern ini orang dengan kemampuan super dalam mengingat wajah tersebut juga sering direkrut polisi. Kemampuan mereka sangat berguna karena mereka bahkan bisa mengenali wajah dalam foto walau gambarnya kurang jelas.

Meski begitu, menurut Dr.Josh Davis dosen senior psikologi, gampang mengingat wajah bukan berarti memiliki daya ingat yang baik dalam hal lain. "Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mereka hanya spesifik dalam mengingat wajah," katanya.

Indera pengecap super

Apakah Anda merasa brokoli, sayuran, kopi, atau cokelat, rasanya tidak enak? Bisa jadi ini bukan karena Anda adalah pemilih soal makanan, tapi karena memiliki indera pengecap super.

Rata-rata manusia memiliki 10.000 indera pengecap di lidahnya, sehingga kita bisa merasakan manis, pahit, asam, asin, atau gurih. Namun orang dengan indera pengecap super memiliki dua kali lipat dari manusia normal sehingga semua rasa tersebut dua kali lebih besar.

Para ilmuwan belum mengetahui mengapa ada orang yang bisa merasakan sesuatu dengan sangat intens. Walau orang tersebut bisa jadi sangat pemilih dalam makanan, namun hal ini sebenarnya berdampak positif bagi kesehatan. Mereka umumnya tidak suka sesuatu yang manis dan berlemak karena makanan tersebut terasa sangat berlebihan.

Orang dengan indera pengecap super juga lebih sensitif dengan makanan dan minuman pahit sehingga mereka tidak suka alkohol. Sayangnya, mereka juga biasanya tidak suka sayuran.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com