Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Cantik dan Bugar Kate Middleton Usai Melahirkan

Kompas.com - 05/05/2015, 14:14 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com - Ketika Duke dan Duchess of Cambridge melangkah keluar dari Rumah Sakit St.Mary, London dengan bayi perempuan mereka Charlotte, pandangan dunia hanya tertuju ke sang putri: Cathrine. Memakai dress berwarna putih berhias bunga-bunga kecil berwarna kuning, Kate tampak cantik dan memukau.

Reaksi publik hampir sama, Kate tampak luar biasa untuk ukuran wanita yang 10 jam lalu baru saja melahirkan bayi seberat 3,7 kilogram.

Bagaimana hal ini mungkin? Wanita yang telah melahirkan biasanya hanya mengingat rasa lelah setelah persalinan. Energi seolah terkuras dan satu-satunya yang diinginkan hanyalah tidur dan beritirahat.

Kate bisa tampak bersinar seolah-olah baru keluar dari salon sebenarnya bukan hal yang mustahil. Ia punya banyak bantuan; penata rambut yang langsung datang ke rumah sakit setelah ia melahirkan; desainer yang menciptakan baju cantik untuk menyamarkan perutnya dan menonjolkan kakinya yang langsing.

Menderita mual muntah parah (hyperemesis gravidarum) di awal kehamilan membuat Kate tidak bisa mengasup makanan terlalu banyak. Tak heran jika ia tidak mengalami kenaikan berat badan terlalu drastis.

Tetapi sebenarnya sang putri punya alasan lain untuk tersenyum. Kate memiliki satu tim dokter dan bidan yang terus memonitor kondisi kehamilannya. Ia juga melahirkan dua jam setelah tiba di rumah sakit dengan persalinan normal. Tak heran jika ia langsung bisa berdiri di hadapan media 10 jam usai persalinan.

Calon profesor kebidanan di University of Western Sydney Hannah Dahlen mengatakan, kehadiran bidan yang penuh perhatian selama kehamilan dan persalinan adalah faktor paling penting untuk memliki pengalaman melahirkan yang positif dan juga pemulihan diri dengan baik.

"Kita tahu Kate ditangani oleh bidan yang sama selama kehamilannya dan perawatan tersebut memberikan pengalaman kehamilan yang positif dan persalinan tanpa masalah," kata Dahlen.

Bidan yang telah mengenal kondisi tubuh kita dengan baik juga akan membuat ibu hamil merasa aman, rileks, dan bisa melahirkan bayi tanpa adanya intervensi medis.

"Sangat penting untuk dokter kandungan yang siap sedia jika diperlukan, tapi pemulihan setelah persalinan akan jauh lebih cepat jika tak ada intervensi saat melahirkan," katanya.

Dahlen mengatakan tak kaget melihat betapa Kate sangat rileks dan bahagia saat meninggalkan rumah sakit kurang dari 12 jam setelah melahirkan.

"Cara Kate turun dari tangga dan membawa bayinya menunjukkan ia tidak mengalami trauma saat persalinan," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah persalinan yang lancar tubuh wanita akan dibanjiri hormon cinta, yakni oksitosin. Hormon ini akan memberikan perasaan terhubung dan sangat membantu dalam proses menyusui.

"Hormon ini akan membuat ibu jauh cinta dengan bayinya, dan bayi yang baru lahir jatuh cinta dengan ibunya," ujarnya.

Tapi tentu saja, di balik penampilan glamor Kate, ia juga pasti merasakan apa yang dialami setiap wanita setelah melahirkan, yakni rasa nyeri akibat kontraksi rahim dan mungkin kaki sedikit gemetar saat berjalan menggunakan high heels.

Namun Kate melalui persalinannya dengan lancar, sebuah pengalaman yang bisa dialami setiap wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com