Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2015, 20:15 WIB

KOMPAS.com - Payudara wanita adalah lambang kecantikan dan keindahan tubuh wanita. Tapi, seberapa jauh Anda mengenal payudara sendiri? Meski payudara adalah bagian dari tubuh, banyak hal yang perlu diketahui tentang payudara. Berikut 7 fakta tentang payudara.

1.       Tidak semua benjolan adalah kanker

Mulailah membiasakan diri untuk melakukan pengecekann payudara setiap bulan. Ini akan membuat Anda lebih mengenali bentuk payudara. Sehingga, ketika payudara dalam kondisi tidak normal, misalnya muncul benjolan atau ada perubahan lainnya, Anda akan cepat mengetahuinya.

Namun, yang perlu diketahui, tidak semua benjolan adalah kanker. Jadi, jangan langsung panik saat menemukan benjolan di sekitar payudara. Yang harus dilakukan adalah hubungi dokter segera untuk memeriksakannya, tapi kebanyakann benjolan di sekitar payudara sifatnya jinak.

 2.       Pilih bra yang tepat

Bra berkualitas baik adalah hal penting bagi kesehatan payudara. Apalagi, jika ukuran payudara Anda sangat besar. Pilih bahan katun yang menyerap keringat, pastikan ukuran bra sesuai dengan ukuran payudara Anda. Hindari memilih ukuran bra yang lebih kecil ataupun yang lebih besar. Ukuran bra yang tepat, akan menyangga payudara dengan baik.

 3.       Sebab payudara mengendur

Tahukah Anda, merokok dapat merusak ligamen di sekitar payudara? Berat badan dan perubahan hormonal juga dapat menyebabkan payudara kendur. Karena itu, ada baiknya hindari penurunan berat badan secara dratis. Lakukan diet sehat dan olahraga agar payudara tetap sehat.

 4.       Tanda kehamilan

Salah satu tanda kehamilan adalah payudara yang semakin membesar, karena siap untuk proses menyusui setelah bayi lahir nantinya. Di awal kehamilan, ukuran payudara terus membesar, bahkan pembesarannya lebih cepat ketimbang bagian perut.

 5.       Rambut areola

Bagian areola berambut? Tenang, ini hal normal kok. Memang ini tak terjadi pada semua wanita, biasanya ini terjadi pada mereka yang tubuhnya ditumbuhi banyak rambut halus. Annda bisa melakukan laser treatment untuk menghilangkan bulu-bulu halus di sekitar areola.

 6.       Ukuran berbeda

Sama sepperti tumbuhnya bulu halus di sekitar areola, ukuran payudara kanan dan payudara kiri yang berbeda juga adalah hal normal. Anda perlu melakukan pemeriksaan, jika ukuran payudara tiba-tiba berubah. Pada dasarnya, olahraga pun takkan membuat ukuran payudara Anda berubah. Perubahan akan sedikit terjadi, jika Anda mengalami kenaikan berat badan. Tapi, jika Anda ingin membuat tampilan payudara terlihat lebih besar, Anda bisa memilih jenis push up bra dengan cup yang sesuai dengan ukuran payudara.

 7.       Berat payudara

Pernahkah Anda bertanya-tanya, berapa berat payudara Anda? Rata-rata berat masing-masing payudara adalah 0,5-1 kg.

 8.       Rutin cek payudara

Kapan waktu terbaik melakukan pemeriksaan oayudara? 3-5 hari setelah periode menstruasi. Pada masa tersebut, biasanya hormon premenstrual sudah berlalu, sehingga minim kemungkinan adanya benjolan yang disebabkan oleh hormon. Periksa dalam berbagai posisi, mulai dari tiduran, duduk di kursi, hingga berdiri di depan cermin.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan bra yanng bisa menyangga payudara dengan baik, terutama payudara berukuran besar. Sedangkan, bagi Anda yang berpayudara kecil tak perlu khawatir, terpenting adalah payudara dalam kondisi sehat dan Anda nyaman dengan tubuh Anda sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com