Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2015, 15:15 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber CNN
KOMPAS.com - Kalau Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya mulai membiasakan membuat daftar belanja. Karena, daftar belanja yang dibawa saat ke supermarket atau pasar ini, akan membantu menjaga berat badan sehat Anda. 

Membuat daftar belanja sepertinya tidak menjadi kebiasaan sejumlah orang. Memang, ketika di supermarket, terlihat sejumlah orang yang memegang kertas berisi daftar belanja, hanya saja jumlahnya relatif tidak banyak. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai sesuatu yang merepotkan. Padahal, membuat daftar belanja ini justru menjadi salah satu strategi dalam membantu menyingkirkan lemak dari tubuh. 

Studi terbaru menunjukkan, bahwa mereka yang selalu membawa daftar saat berbelanja, memiliki berat badan lebih sehat. Termasuk ketika mereka berada di lingkungan yang memiliki banyak tantangan untuk mengonsumsi makanan sehat. 

Riset dibangun berdasarkan penelitian sebelumnya, yang menunjukkan berat badan bisa turun bila mereka tetap berpegang pada daftar yang dibuat saat berbelanja. Informasi diperoleh dari 1.300 penduduk wilayah Pittsburgh yang berpendapatan rendah, yang dikategorikan sebagai 'gurun makanan' alias pilihan makanan sehatnya hanya sedikit. 

Saat ditanya tentang kebiasaan berbelanja grosir, hampir sepertiganya saja yang menggunakan daftar belanja. Sekitar 17 persen mengatakan mereka kadang-kadang saja memakai daftar saat berbelanja. Sementara 26 persennya tidak pernah memusingkan hal tersebut.  

Nyatanya, mereka yang merencanakan dan membuat daftar sebelum berbelanja, berat badannya kurang dari kelompok lain. Secara rata-rata, berat badan mereka kurang 2,3 kg dibandingkan dengan yang berbelanja lebih bebas. 

Menurut Tamara Dubowitz, penulis utama studi ini, hasil yang diperoleh cukup masuk akal. Daftar belanja tersebut menjadi alat untuk meniadakan sejumlah pengaruh yang berupaya 'memanggil-manggil' saat berada di dalam toko, seakan mendorong Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan tidak sehat. 

Dengan membuat rencana dan daftar belanja di rumah, Anda akan lebih fokus ketika berada di supermarket atau pasar. Efek lainnya, mereka yang membuat daftar belanja merefleksikan kepribadian penuh tanggung jawab, yang membuat mereka berhasil menjaga berat badan sehatnya. 

Poin penting dari studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior ini, bahwa bagi orang yang memiliki rintangan besar untuk mengonsumsi makanan sehat, hal sederhana seperti merencanakan dan membuat daftar belanja, bisa membantu mengatasi hal tersebut.

Artinya, tindakan ini bisa menjadi strategi sederhana yang mudah diadopsi untuk membuat Anda tetap fokus saat berada di supermarket ataupun toko, sehingga bisa menghindar dari godaan makanan tinggi kalori dan tinggi lemak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com