Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2015, 09:10 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Anak-anak yang menjadi korban bullying, mengalami sejumlah dampak negatif. Selain berdampak pada kesehatan mental, kesehatan fisik dari anak-anak yang di-bully juga dapat ikut terpengaruh. Mereka yang di-bully saat masih anak-anak berisiko mengalami obesitas aatu kegemukan saat dewasa. 

Para periset menjumpai bahwa lebih dari seperempat perempun yang sesekali atau sering di-bully ketika anak-anak, mengalami gemuk di kala mereka berusia 45 tahun dibandingkan dengan 19 persen yang tidak pernah di-bully. Baik pria dan perempuan yang di-bully saat masih anak-anak memiliki kadar lemak di bagian perut yang lebih tinggi. Dan ini menjadi faktor risiko untuk penyakit jantung. 

"Bullying buruk bagi kesehatan fisik Anda, baik pria maupun perempuan," ujar Andrea Danese yang bekerja untuk penelitian tersebut di Institute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience, King's College London. Korban dan penderitaan dari anak yang mengalami bullying tidak boleh diabaikan. Karenanya, guru, orang tua, dan pengasuh, ingat Louise Arseneault, pimpinan penelitian ini, harus memikirkan dan memberi perhatian pada korban bullying

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Medicine, diperoleh dari British National Child Development Study yang memiliki data dari seluruh anak yang lahir di Inggris, Skotlandia, serta Wales, selama satu minggu di tahun 1958. Riset melibatkan sekitar 7.102 anak yang terpapar bullying saat berusia 7 dan 11 tahun. 

Sekitar 28 persen partisipan di-bully sesekali dan 15 persen seringkali di-bully. Mereka diikuti hingga berusia 45 tahun dan diukur inflamasi dalam darah serta kegemukan. Selain mengalami kegemukan, hasil studi menunjukkan bahwa mereka yang di-bully semasa anak, kadar inflamasi dalam darahnya lebih tinggi ketika berusia 45 tahun. 

Sebanyak 20 persen dari mereka yang sering di-bully memiliki kadar protein C-reaktif (CRP) yang tinggi dalam darahnya. Tingginya CRP ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com