Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2015, 13:05 WIB

KOMPAS. com - Di antara semua promosi makanan sehat, umumnya akan mengatakan bahwa makanan tersebut dapat membuat kulit Anda tampak menakjubkan. Sayangnya, tak semua hal itu benar. Madeline Shaw, seorang ahli nutrisi ternama berbagi rahasia, makanan apa yang tepat untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Makanan berlemak menyebabkan bercak wajah

Ini tidaklah benar. Makanan berlemak seperti alpukat dan kacang-kacangan punya manfaat menakjubkan untuk kesehatan kulit. Apalagi lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan, asam lemaknya terbukti mampu mengurangi peradangan, mencegah kulit dari penyumbatan, dan membuat kulit lebih bercahaya. Pada dasarnya, ini memang tergantung pada jenis lemak yang Anda konsumsi, apakah lemak jenuh atau lemak tak jenuh. Yang perlu diingat adalah, tak semua jenis lemak berefek buruk pada tubuh Anda.

Konsumsi 5 porsi buah dan sayur per hari

“Mengonsumsi 7 porsi per hari lebih baik,” ujar Madeline.  Buah-buahan dan sayuran dipenuhi dengan kandungan antioksidan yang akan mencegah dan memperbaiki keruakan jaringan tubuh. Sumber antioksidan terbaik adalah blueberry, stroberi, dan kale. Pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan dan syuran utuh,  yang belum melalui proses pengawetan. Ini akan menjaga manfaat yang terkandung di dalamnya.

Minum 8 gelas air per hari

“Ini tidak salah lagi. Kulit adalah organ terbesar dan seperti bagian tubuh lainnya, tanpa air yang cukup, tubuh takkan berfungsi  sebagaimana mestinya. Kulit akan kering dan bersisik. Air yang kita minum akan mencapai semua organ tubuh, sebelum akhirnya sampai ke kulit. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi cukup air untuk melembabkan dan membuat kulit bercahaya,” papar Madeline.

Gula dapat mempercepat penuaan

Mengonsumsi terlalu banyak gula akan menyebabkan peradangan kronis dalam tubuh. Gula secara permanen dapat menyerang kolagen, zat yang dapat membuat kulit awet muda. Ketika kolagen terbebani oleh glukosa, maka kolagen akan kaku dan sulit bergerak, ini menyebabkan kulit kusam, kering, dan penuaan.

Cokelat memicu noda jerawat

“Ini tergantung jenis cokelat yang dikonsumsi. Cokelat  dengan campuran susu dan gula memang bisa memicu munculnya jerawat, tapi mengonsumsi dark chocolate dengan sedikit tambahan gula kelapa takkan menjadi masalah bagi kulit Anda kok,” ungkap Madeline.

Jadi, apa rahasia utama mendapatkan kulit bercahaya?

“Konsumsi sumber makanan murni yang tanpa melalui proses pengalengan dan pengawetan. Selalu pilih makanan bergizi tinggi seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan, dan daging pemakan rumput. Lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun dan minyak kelapa akan memberikan efek luar biasa bagi kulit Anda. Selain itu, manajemen stres juga menjadi kunci kesehatan kulit, seperti yoga, latihan pernapasan, atau meditttasi akan membantu Anda merasa lebih tenang. Dalam keadaan tenang, kulit pun akan terlihat lebih bercahaya,” jelas Madeline.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com