Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Berusia 52 Tahun Masih Menyusui Anak 6 Tahun

Kompas.com - 26/05/2015, 09:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
– Kebanyakan ibu memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan atau maksimal sampai anak berusia dua tahun. Namun, ibu yang satu ini memiliki waktu untuk menyusui lebih dari itu.

Maha Al Musa, seorang ibu berusia 52 tahun memiliki air susu yang berlimpah sehingga masih bisa menyusui putrinya yang berusia 6 tahun bernama Aminah.

Aminah menyusui secara teratur dan belum diimunisasi karena sang ibu sangat meyakini kekuatan ASI sebagai antibodi bagi anak. Aminah pun sangat menyukai air susu ibunya karena terkadang terasa seperti permen tongkat.

"Kadang rasanya seperti permen tongkat. Rasanya beragam, " kata Aminah.

Wanita asal Byron Bay itu sangat bangga masih dapat menyusui anaknya. Jika Aminah meminta, Al Musa tak segan menyusui di taman bermain sekolah. Aminah juga biasa menyusui sebelum tidur. Kebiasaan langka ini membuat Al Musa sempat tampil pada program televisi Discovery Channel pada episode Extreme Breastfeeding.

Ibu tiga anak yang menjalani diet Paleo ini juga secara terbuka mempublikasikan fotonya di Facebook ketika sedang menyusui Aminah. Menurut Al Musa, sangat penting menghabiskan waktu untuk membuat ikatan yang kuat bersama putrinya. Ia pun sangat menikmatinya.

Sementara itu, Aminah juga mengaku sangat menikmati saat tidur sambil menyusui pada sang ibu. Menurut Aminah, kebiasaan ini mungkin akan terus berjalan sampai ia berusia 8 tahun.

Al Musa, dalam akun Facebook-nya menuliskan bahwa masih menyusui anak yang sudah memasuki usia sekolah adalah hal yang normal.

“Biarkan anak dan ibu memilih apa yang terbaik bagi mereka, keadaan, dan keluarga mereka. Usia 4-8 (tahun) adalah usia NORMAL untuk menyapih diri,” tulis Al Musa yang membuka kelas tari perut prenatal dan kelas persiapan kelahiran.

ASI memang merupakan makanan terbaik bagi bayi karena mengandung sejumlah zat gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang seorang anak. Lebih dari itu, ASI juga sebagai antibodi bagi bayi sehingga tak mudah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com