Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2015, 11:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Latihan fisik dengan Electro Muscle Stimulation (EMS) mulai banyak diminati masyarakat perkotaan. Latihan ini hanya berlangsung selama 20 menit untuk mendapatkan hasil yang sama dengan olahraga di gym selama 1,5-2 jam.

Latihan tersebut dilakukan dengan menggunakan alat untuk menstimulasi otot-otot dalam tubuh. Namun, amankah melakukan latihan EMS?

Salah satu pendiri studio olahraga EMS, 20FIT,  Andien Aisyah pun memastikan, latihan EMS sangat aman dilakukan. Latihan ini telah dilakukan di berbagai negara menggunakan alat Miha Bodytech, termasuk di Indonesia.

“(Latihan ini) Enggak bisa membuat orang menjadi cedera karena dengan tangan kosong, enggak angkat-angkat beban,” terang Andien Selasa (26/5/2015).

Andien mengungkapkan, pada awalnya alat ini digunakan untuk mengobati pasien stroke dan mengobati nyeri punggung atau back pain. Seiring berkembangnya teknologi, alat dengan metode  EMS itu pun dijadikan sebagai alat fitness dan untuk kecantikan.

Oleh sebab itu, latihan EMS dinyatakan aman untuk dilakukan oleh siapa pun, termasuk orang lanjut usia. Andien menceritakan, pernah ada pengguna 20FIT berusia 81 tahun. Latihan fisik EMS pun dilakukan dengan posisi duduk saja. Menurutnya, EMS dapat kembali menguatkan otot-otot orang tua yang melemah karena jarang dipakai.

Sama seperti olahraga lainnya, menurut Andien sebaiknya melakukan EMS saat memiliki tidur yang cukup dan tidak sehabis makan.

Salah satu pemilik 20FIT lainnya, Irfan Wahyudi mengatakan, olahraga dengan EMS terbilang aman karena membantu menstimulasi otot.

Hanya saja, orang-orang yang memiliki penyakit eilepsi, memasang ring di jantung, tidak disarankan melakukan olahraga ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com