Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obesitas pada Remaja Pria, Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Kompas.com - 28/05/2015, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Obesitas atau kelebihan berat badan tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga memicu datangnya berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan diabetes. Bahkan, hasil penelitian terbaru menunjukkan riko terkena kanker usus meningkat pada pria yang kelebihan berat badan.

Obesitas umumnya terjadi karena pola hidup tidak sehat, mulai dari konsumsi makan berlemak jahat, makanan kaya gula, hingga kebiasaan enggan berolahraga. Kelebihan berat badan ini kemudian membuat berbagai organ tubuh tak bisa bekerja maksimal. Sehingga, muncullah beragam penyakit.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, remaja pria yang menderita obesitas memiliki dua kali lipat risiko terkena kanker usus pada saat mereka berusia 50-an. Penelitian ini terbilang unik, karena berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya hanya berfokus pada hubungan obesitas yang terjadi pada orang dewasa terhadap risiko kanker usus, bukan terhadap remaja.

Para ilmuwan dari Harvard University dan Swedia melakukan penelitian tersebut terhadap sekelompok pemuda Swedia yang akan mengikuti wajib militer, dengan rentang usia 16-20 tahun. Mereka mencoba mengungkap, apakah BMI (Body Mss Index), yaitu keseimbangan antara berat dan tinggi badan mereka di masa muda, akan berdampak pada potensi terkena kanker usus 35 tahun kemudian.

Terdapat 240.000 orang yang mengikuti pemeriksaan terkait tinggi dan berat badan tersebut. Mereka juga mengikuti tes yang disebut ESR (tingkat sedimentasi eritrosit), yang bertujuan menilai tingkat peradangan dalam tubuh dan dapat menunjukkan kecenderungan seseorang terhadap penyakit tertentu.

Pada saat wajib militer, tercatat hampir 12% dari mereka terbilang kurus, 81% dengan berat badan normal, 5% cukup kelebihan berat badan, 1% sangat kelebihan berat badan, dan 1% dalam kategori obesitas.

Setelah 35 tahun, 885 dari mereka terkena kanker usus, 384 di antaranya mengidap kanker dubur. Mereka yang sangat kelebihan berat badan dengan BMI berkisar antara 27,5 dan 30 (BMI normal 18,5-25) memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker usus. Sedangkan mereka yang mengalami obesitas di masa muda dengan BMI lebih dari 30, memiliki risiko 2,38 kali terkena kanker usus, dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal pada saat awal perekrutan wajib militer tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com