Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2015, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Mata merupakan salah satu organ tubuh kita yang fungsinya sangat vital. Karena itu kesehatan bagian ini perlu diperhatikan, terlebih jika Anda merupakan pengguna lensa kontak.

Belum lama ini di Inggris diberitakan seorang mahasiswi mengalami infeksi mata parah hingga matanya hampir buta. Gadis itu menderita keratitis, inflamasi pada korneanya yang disebabkan oleh Acanthamoeba castellanii, parasit yang hidup di matanya.

Castellanii adalah organiseme yang bisa ditemukan di banyak ekosistem di dunia. Parasit ini bisa bertahan di lingkungan yang keras, bahkan di cairan pembersih lensa kontak. Sebenarnya kasus di Inggris itu bukan yang pertama kali menemukan castellanii di mata.

Acanthamoeba keratitis juga sering dikaitkan dengan penggunaan lensa kontak. Mahasiswi di Inggris itu juga terinfeksi parasit ini setelah ia membasahi lensa kontaknya dengan air keran.

Infeksi acanthamoeba di kornea akan menyebabkan peradangan parah, nyeri, dan gangguan penglihatan. Jika tidak ditangani efeknya bisa mengalami kebutaan.

Infeksi tersebut terjadi saat parasit sedang dalam tahap mencari makan aktif dan menempel di jaringan kornea sebelum masuk ke lapisan bawah. Hal ini akan menyebabkan ketajaman penglihatan berkurang dan terkadang kebutaan.

Yang lebih menakutkan adalah parasit ini bisa menyebrang ke pembuluh darah di otak sehingga menyebabkan kematian.

Mata bisa terkontaminasi parasit ini dari air kolam renang, membersihkan lensa kontak dengan air keran, atau karena tidak memperhatikan kebersihan lensa kontak dengan baik.

Proses pembersihan lensa kontak yang tidak cermat lama kelamaan akan membuat bakteri di lensa menempel dan berkembang biak.

Infeksi acanthamoeba biasanya lebih rentan pada mereka yang sistem imunnya rendah, misalnya orang yang sedang menjalani terapi kanker, gangguan sel imun, atau orang dengan HIV/AIDS.

Untuk mencegah lensa kontak terkontaminasi kuman, selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh lensa dan  bersihkan lensa kontak secara teratur dengan cairan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com