Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2015, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah secangkir kopi tak lagi mampu meningkatkan energi Anda di pagi hari? Ini penyebabnya.

Para ahli menyebutkan, pagi hari sebenarnya adalah waktu paling buruk untuk minum kopi. Alasannya, kadar kortisol dalam tubuh sangat tinggi di pagi hari.

Mengonsumsi kafein saat kadar kortisol sedang tinggi akan menyebabkan dua masalah. Pertama, kafein akan mengganggu produksi kortisol tubuh, hormon yang dikeluarkan untuk merespon stres dan kadar gula darah rendah. Akibatnya, tubuh akan memproduksi kortisol dalam jumlah rendah sehingga kita merasa perlu minum lebih banyak kafein lagi.

Efek lain dari konsumsi kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang pada kafein karena zat ini telah menggantikan kortisol alami tubuh. Dengan kata lain, efek peningkatan energi dan fokus dari kafein tak akan lagi kita rasakan.

Penelitian menunjukkan, waktu minum kopi terbaik adalah antara jam 10 pagi dan siang, serta antara jam 2 dan jam 5 siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com