Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2015, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilik sekaligus nahkoda kapal Sail Vega Kapten Shane Granger akan kembali menjalankan misi sosialnya ke 18 pulau terpencil di sekitar Banda dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Warga Amerika Serikat ini akan berlayar menjangkau 18 pulau terpencil untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Bekerja sama dengan sikat gigi Formula, Shane membawa 5500 sikat gigi dan materi edukasi kesehatan gigi dan mulut yang akan disebar di 42 sekolah.

“Kami edukasi guru-guru di sekolah kemudian pada anak-anak bagiamana menyikat gigi yang benar,” kata Shane dalam acara Formula untuk Indonesia di Pluit, Jakarta Utara, Jumat (12/6/2015).

Head of Corporate and Marketing Communication OT Group Yuna Eka Kristina mengatakan, kerjasama dengan Sail Vega telah berlangsung sejak 2013 lalu dan total sudah 9.500 sikat gigi yang disebar di daerah terpencil.

Apalagi, sikat gigi bagai barang langka di beberapa daerah terpencil tersebut. Menurut Shane, beberapa orang yang ditemuinya bahkan tidak mengenal sikat gigi dan hanya menggunakan ranting pohon untuk membersihkan gigi.

Hal ini menunjukkan masih rendahnya pemahaman masyarakat di daerah mengenai kesehatan gigi dan mulut. Padahal, menurut dokter gigi Melanie S Djamil, masalah gigi sangat penting karena dapat menjalar atau terkait dengan berbagai penyakit lain.

Shane pun menggunakan kapalnya agar mudah menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia. Kapal Sail Vega yang bersandar di pinggir Jet Ski Cafe terlihat sudah penuh dengan barang-barang yang akan didonasikan ke daerah terpencil.

Kapal tua asal Swedia ini akan berlayar menuju Kepulauan Banda pada Senin (15/6/2015) mendatang dan dinahkodai oleh Shane. Di dalam kapal, Shane akan selalu ditemani oleh dua relawan yang juga warga negara asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com