Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayuran Beku Lebih Bernutrisi Dibanding yang Segar?

Kompas.com - 13/06/2015, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Berbeda dengan keyakinan banyak orang bahwa sayur dan buah-buahan segar lebih sehat dibanding yang beku, ternyata penelitian menunjukkan hal sebaliknya.

Dalam video kampanye dari American Chemical Society, para ahli menunjukkan kebenaran dari mitos yang selama ini dipercaya masyarakat.

"Sayuran yang dipilih untuk dibekukan dipanen saat mereka berada di puncak kematangan, ini berarti kadar nutrisinya juga sedang maksimum," katanya.

Sebelum buah atau sayuran dibekukan, mereka akan dicelupkan ke dalam air mendidih dan secara cepat langung dibekukan untuk menjaga kualitasnya.

Proses tersebut, disebut blancing, memiliki dua tujuan. Pertama, menghilangkan debu dan organisme, selain juga menghentikan proses pembusukan.

Ada enzim tertentu yang ditemukan dalam sayuran yang membantu mereka tumbuh dan matang. Tapi setelah mencapai kematangan maksimal, enzim ini membantu memecah makanan namun mengurangi kadar nutrisinya.

Proses blancing tadi akan menonaktifkan enzin, dan selama dibekukan sayuran akan terjaga kualitasnya sampai setahun. Karenanya, sayuran beku akan lebih bernutrisi dibandingkan dengan sayuran segar yang dijual di pasar atau supermarket dan sudah dipetik beberapa hari sebelumnya setelah mereka matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com