Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Gemuk, Penis Anak Kecil karena Tertutup Lemak

Kompas.com - 13/06/2015, 12:38 WIB

TANYA:

Dok, penis anak saya kecil sekali, sudah periksa ke dokter dan disebutkan penisnya tertutup oleh lemak. Saat itu anak saya berusia 4 tahun dengan BB 30kg. Sekarang usianya 6 tahun, berat badan sekitar 31kg. Oleh dokter disebutkan ia overweight.

Apakah ukuran penis anak saya bisa kembali normal jika berat badannya turun? Karena dari sejak saya periksakan sampai sekarang belum juga ada perubahan pada bentuk penisnya. Sekedar informasi, lemak di area sekitaran penis berada memang terlihat cukup tebal. Terima kasih

Krisna Swari (27), Denpasar


JAWAB :

Berdasarkan usianya, dengan berat badan 31 kg status gizi si kecil kemungkinan benar overweight atau obesitas, namun sayangnya Ibu tidak menyebutkan tinggi badannya.

Pada kondisi tersebut mungkin saja terjadi penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh termasuk di bagian bawah perut. Hal ini dapat menyebabkan penis seperti tertarik/tertimbun oleh jaringan lemak tersebut sehingga seringkali tampak kecil atau yang biasa disebut sebagai penis yang tertanam/buried penis.

Namun demikian sebaiknya dilakukan pengukuran panjang penis yang lebih akurat kemudian dibandingkan dengan standar panjang penis sesuai usianya. Sebaiknya ibu dapat membawanya ke dokter ahli endokrinologi anak yang terdapat di kota ibu dalam hal ini di RS Sanglah sehingga akan didapatkan kepastian mengenai ukuran penis si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com