Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Tidak Boleh Memanaskan Sayur Bayam Dua Kali?

Kompas.com - 20/06/2015, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar bahwa kita tidak boleh memanaskan sayur bayam dua kali? Isu yang beredar adalah jika kita memanaskan sayur bayam dua kali, maka sayur itu akan beracun. Benarkah hal tersebut?

Sayur bayam memiliki kandungan nitrat yang tinggi, dan sebagian orang mengatakan bahwa pemanasan yang terlalu sering akan mengubah nitrat menjadi zat penyebab kanker. Namun, sebenarnya senyawa nitrat merupakan senyawa yang stabil sehingga tidak mungkin berubah akibat pemanasan.

Penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang dilakukan pada manusia menunjukkan juga bahwa mengonsumsi sayuran dengan kandungan nitrat yang tinggi tidak menyebabkan kanker atau penyakit mengerikan lainnya.

Namun, tim Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan” menyarankan untuk menghindari pemanasan sayur bayam sampai dua kali, hal ini bukan karena alasan kanker, namun proses pemanasan akan mengurangi kandungan vitamin di dalam bayam itu sendiri.

Nah, seringkah Anda memanaskan sayur bayam dua kali? Mulai sekarang, lebih baik hindari hal tersebut, ya! (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com