Minggu, 26 Maret 2017

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Akan Segera Menikah, tetapi Alami Ejakulasi Dini

Shutterstock Ilustrasi

TANYA:
Saya laki-laki berusia 27 tahun, dulu waktu kuliah saya sering dugem dan pernah berhubungan intim 3 kali dengan wanita yang saya kenal saat dugem. Setelah kuliah usai, saya tidak pernah melakukan hal-hal itu lagi, tetapi sering melakukan masturbasi dengan tangan saya.

Sebentar lagi saya akan menikah dengan perempuan pilihan saya. Namun, yang menjadi masalah, saya lebih mudah untuk ejakulasi, meskipun saya dan calon istri saya tidak pernah melakukan hubungan intim, kami hanya melakukan foreplay dengan tangan ataupun lidah dan mulut saja.

Saat mendengar desahannya, terkadang saya bisa saja langsung ejakulasi tanpa penetrasi. Memang saat itu saya dalam keadaan lelah, pulang kerja. Namun, dalam keadaan normal, yang saya alami, saat hanya foreplay, saya sudah ejakulasi.

Saat saya ereksi pun, penis saya tidak berdiri ke atas, tetapi hanya mengeras mengarah ke kepala saya dan menempel di perut.

Yang ingin saya tanyakan, apakah saya masuk dalam kategori ejakulasi dini atau impoten, dok? Apakah masih bisa disembuhkan? Saya tidak mau hal ini mengganggu pernikahan saya nanti.

Sigil, Jakarta

JAWAB:

Ejakulasi dini berarti tidak mampu mengontrol terjadinya ejakulasi agar dapat melakukan hubungan seksual yang memuaskan bagi kedua pihak. Pada pria yang mengalami ejakulasi dini, ereksi penis sebenarnya normal, tidak terganggu. Akan tetapi, jika ereksi mengalami gangguan, maka cenderung mengalami ejakulasi yang cepat.

Saya tidak tahu apakah Anda mengalami ejakulasi dini yang sebenarnya ataukah karena ereksi yang tidak normal. Namun, apa pun yang Anda alami, hal itu seharusnya segera diatasi agar tidak berlanjut lebih buruk.

Harus dipastikan apakah memang ereksi Anda terganggu sehingga menyebabkan ejakulasi yang cepat, ataukah memang murni ejakulasi dini. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut untuk mendapat pengobatan yang benar.

 


Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat