Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2015, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Kulit melindungi seluruh tubuh, namun hanya kulit wajahlah yang umumnya menjadi pusat perhatian. Ketika kulit wajah terlihat sehat, kencang, berkilau dan muda, maka orang lain akan melihat kecantikan di wajah kita. Makanan apa yang dikonsumsi, kemana kita pergi, bagaimana perasaan kita ternyata berefek pada tampilan kulit. Lima hal berikut ini akan membuat kulit tampak lebih muda, sehat, dan bebas kerutan.

Konsumsi makanan sehat
Ingin kulit sehat? Wajib mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumi sumber makanan yang mengandung vitamin C dan kurangi konsumsi lemak dan karbohidrat akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih muda. Makanan kaya antioksidan eperti ikan, buah-buahan, dan sayuran juga akan membantu menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian juga menyarankan konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum dan pasta, serta protein sehat.

Tambahkan asupan vitamin
Krim anti aging yang biasa dipakai memang sudah mengandung vitamin C dan vitamin E, tapia kan lebih baik jika kita juga mengonsumsi antioksidan dari dalam. Konsumsi makanan kaya vitamin, mineral selenium bisa menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Bahkan, zat-zat tersebut juga bisa melawan tand-tanda penuaan seperti kerutan dan perubahan warna kulit.

Olahraga rutin
Jika belum terbiasa berolahraga, mulailah menjadikan olahraga sebagai aktivitas ruin sehari-hari. Pasalnya, olahraga bermanfaat bagi setiap bagian tubuh, termasuk kulit. Olaharaga akan meningkatkan sirkulasi dan membantu memelihara kesehatan kulit. Aliran darah akan membawa nutrisi dan oksigen , sehingga dengan mudah memproduksi kolagen yang akan menunda penuaan. Bahkan, keringat yang muncul setelah berolahraga, takkan menyumbat pori-pori. Cuci wajah segera setelah selesai berolahraga dan hindari pemakaian headband yang terlalu kencang karena akan membuat keringat terjebak dan bisa menyebabkn iritasi.

Jaga kulit dari sinar matahari
Sekitar 90 persen dari kerusakan kulit disebabkan oleh sinar matahari. Karena itu, sangat penting selalu melindungi kulit dengan tabir surya. Pilih produk tabir surya yang mengandung zinc oxide, titanium dioxide, atau avobenzone. Tabir surya dengan SPF 30 atau lebih adalah yang pilihan terbaik. Jika perlu, gunakan juga topi lebar, baju lengn panjang, dan hindari terkena sinar matahari langsung sekitar pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang, ketika sinar matahari sedang sangat panas.

Tidur cukup dan berkualitas
Sebelum tidur, coba perhatikan kulit wajah kita, jika terlihat lingkaran hitam di bawah mata, kulit pucat, dan mata sembab, ini adalah tanda bahwa kita kurang tidur. Dengan waktu tidur 7-8 jam setiap malam akan membuat tubuh dan kulit sehat. Selain itu, perhatikan juga gaya tidur selama ini, jika wajah selalu mengarah ke bantal dan bertahun-tahun selalu tidur dalam posisi yang sama, kulit akan berkerut karena selalu tertekan bantal. Solusinya adalah tidur telentang, agar kulit wajah bisa bernapas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com