Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perut Gampang Lapar Setelah Olahraga?

Kompas.com - 23/06/2015, 10:19 WIB

KOMPAS.com - Maksud hati ingin menurunkan berat badan lewat olahraga, apa daya setelah 45 menit berolahraga perut justru terasa sangat lapar sehingga kita cenderung ingin makan segala yang ada.

Rasa lapar yang timbul setelah olahraga sebenarnya bisa dipengaruhi oleh jenis latihan yang kita lakukan. Penelitian menunjukkan, semakin intensif latihan kita, semakin sedikit ghrelin (hormon lapar) yang diproduksi tubuh.

Dengan kata lain, jika kita memilih sesi latihan dengan intensitas rendah maka kita cenderung akan lebih lapar. Meski tak dipungkiri banyak juga orang yang sudah melakukan latihan intensitas tinggi tetap mengasup banyak kalori setelah olahraga.

Jika Anda baru saja menyelesaikan latihan yang intens dan masih merasa sangat lapar, bisa juga penyebabnya adalah dehidrasi. Seringkali tubuh kita salah membedakan kondisi kurang cairan dengan lapar. Makanya jika kita kurang cukup cairan selama olahraga, kita akan merasa kelaparan setelahnya.

Penelitian lain menemukan bahwa semakin fit kita, makin sedikit kita menghadiahi diri sendiri dengan makanan setelah olahraga. Jadi alasan lain mengapa kita lebih lapar setelah berlatih mungkin karena tubuh dan otak belum terbiasa dengan kebiasaan olahraga ini.

Rasa lapar berlebihan setelah olahraga terkadang jadi alasan sebagian orang untuk rutin latihan. Padahal, berolahraga rutin 20-30 menit setiap hari sangat penting, bukan hanya untuk menjaga berat badan tapi juga mencegah penyakit dan membuat kita merasa lebih bahagia.

Untuk mencegah rasa lapar berlebihan tersebut, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

- Coba melakukan latihan HIIT (high-intensity-interval), jangan memilih latihan dengan intensitas rendah agar hormon lapar bisa ditekan.

- Minum cukup cairan sebelum dan selama olahraga.

- Lakukan latihan kekuata setidaknya tiga kali dalam seminggu. Otot akan meningkatkan metabolisme sehingga kalori bisa terbakar sepanjang hari, bahkan meski kita seharian duduk di meja.

- Konsumsi camilan rendah kalori porsi kecil 30 menit sebelum latihan sebagai tabungan energi.

- Abaikan saja. Begitu tubuh sudah terbiasa dengan rutinitas olahraga, perasaan lapar biasanya bisa ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com