Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2015, 07:30 WIB
Dian Maharani

Penulis

 


JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak yang berpendapat, menahan rasa haus saat berpuasa lebih sulit dibanding menahan rasa lapar. Terlebih lagi ketika harus tetap beraktivitas di bawah terik matahari.  Untuk itu, saat sahur sebaiknya hindari makanan yang dapat membuat Anda tambah mudah merasa haus.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawita Sari mengungkapkan, makanan yang bisa membuat orang mudah merasa haus, yaitu makanan yang kadar garamnya tinggi.

“Kandungan garam tinggi bisa menarik cairan banyak sekali, sehingga sel-sel kita akan kekurangan cairan karena ditarik oleh garam tadi. Akhirnya menjadi dehidrasi, sehingga kita mudah merasa haus,” jelas Tirta saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

TIrta mengatakan, rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh yang memberi tahu bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Agar puasa lancar, Tirta pun menyarankan untuk mengurangi makanan tinggi garam atau makanan asin saat sahur, seperti ikan asin dan telur asin.

Untuk menjaga keseimbangan cairan alam tubuh, minumlah sedikitnya dua gelas air putih saat sahur. Menurut Tirta, saat sahur sebaiknya juga tak perlu minum teh dan kopi karena kedua minuman tersebut memiliki efek diuretik.

“Jadi kalau diuretik, kita jadi selalu pengin pipis, pengeluaran jadi lebih banyak. Jadi kemungkinan untuk dehidrasi juga,” ungkap Tirta.

Apa yang kita makan saat sahur memang memengaruhi stamina tubuh saat berpuasa. Jika asal menyantap makanan saat sahur, tubuh bisa saja menjadi lemas, mudah lapar, dan mudah merasa haus.

Untuk makanannya pilihlah yang berprotein, sayur, dan buah-buahan. Bisa juga dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti nasi merah dan umbi-umbian. Makanan tersebut dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga tak membuat Anda merasa cepat lapar.

Santap sahur yang bergizi seimbang pastinya akan membantu Anda menjalankan aktivitas sehari-hari meski sedang berpuasa. Bahkan, tak jadi masalah jika Anda tetap ingin melakukan olahraga di saat berpuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com