Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2015, 04:08 WIB
Dian Maharani

Penulis



JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda telat bangun sahur, ketika waktu imsak dan jelang adzan Subuh hanya tersisa beberapa menit lagi? Waktu untuk makan besar rasanya juga sudah tak cukup lagi.

Meski demikian, usahakan tetap makan sahur di waktu yang tersisa agar tubuh tetap bertenaga saat puasa. Praktisi gizi Rita Ramayulis mengatakan, paling mudah dan cepat adalah minum susu. Susu mengandung protein tinggi dan karbohidrat (laktosa).

“Pilih susu siap saji kalau waktunya mepet. Susu itu, kan proteinnya tinggi,” ujar Rita di Jakarta beberapa waktu lalu.

Protein yang lebih lama dicerna dalam tubuh akan membuat rasa kenyang lebih lama. Minum susu juga bisa dicampur dengan sereal. Misalnya, sereal dari gandum dan jagung sebagai sumber karbohidrat.

Gandum dan jagung merupakan karbohidrat kompleks yang baik dikosumsi saat harus. Sama seperti protein, kedua jenis makanan ini tak mudah diserap oleh tubuh sehingga akan membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Selain susu, jangan lupa untuk minum air putih.

Tambahan sumber karbohidrat yang praktis juga bisa diperoleh dengan makan biskuit. Kemudian, sebaiknya tambahkan buah seperti pepaya. Pepaya yang lembut tak membutuhkan waktu lama untuk dikunyah. Rita mengatakan, pepaya yang mengandung papain juga berguna untuk memecah protein lebih baik.

“Protein itu nanti dibantu dicerna oleh pepaya,” jelas Rita.

Hindari makanan yang mengandung garam tinggi atau asin. Kosumsi makanan tinggi garam bisa membuat tubuh merasa haus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com