Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2015, 14:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Mengikuti mode terkini untuk menjaga penampilan, memang akan meningkatkan percaya diri Anda. Tapi siapa sangka, pakaian maupun aksesoris yang bikin gaya itu, ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Penelitian menemukan, sedikitnya ada lima jenis barang fashion yang  bisa menganggu kesehatan Anda.

1. Skinny jeans. Celana ketat yang sangat  pas di tungkai kaki para wanita ini, telah terbukti berbahaya bagi kesehatan. Seperti kasus yang dilaporkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, seorang wanita berusia 35 tahun tiba-tiba kakinya mati rasa karena memakai skinny jeans. Kaki dan pergelangan kaki wanita itu bengkak. Tim medis pun akhirnya merobek celana skinny jeans yang dikenakan wanita itu.  Bahkan dalam Wall Street Journal, sejak 1993 para ahli kesehatan  telah menyatakan bahaya mengenakan celana ketat. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Octavio Bessa menyebutnya sindrom celana ketat.

2. Sepatu hak tinggi. Seperti halnya skinny jeans, sepatu hak tinggi juga banyak digunakan wanita. Sepatu hak tinggi membuat kaki wanita terlihat lebih jenjang dan lebih indah. Padahal, semakin tinggi hak sepatu, bisa menimbulkan nyeri yang hebat. Sebuah ulasan tahun 2014 menyimpulkan, sepatu bertumit tinggi dapat mengubah posisi alami kaki dan pergelangan kaki, yang pada akhirnya memengaruhi tulang belakang. Seperti diungkapkan dalam New York Times baru-baru ini, penelitian menyarankan wanita untuk tidak sering memakai sepatu hak tinggi. Hal ini dapat mencegah cedera pergelangan kaki.

3. Korset. Ingin tubuh terlihat langsing? Banyak wanita akhirnya mengenakan korset. Mengenakan korset diharapkan dapat membentuk pinggang mereka menjadi lebih ramping. Nyatanya, pemakaian korset yang cukup lama bisa menyakitkan. Anda bisa kesulitan bernapas, karena korset menekan bagian tubuh cukup kencang. Bahkan, menurut sejumlah ahli, pemakaian korset yang terlalu sering dapat mengakibatkan kerusakan tulang rusuk kemudian hari.

4. Dasi. Kali ini adalah fashion yang biasa digunakan pria, yaitu dasi. Hati-hati jika menggunakan dasi yang mengikat kencang di bagian leher. Menurut peneliti, pemakaian dasi yang sangat kencang, dapat meningkatkan tekanan darah ke daerah mata. Bisa jadi meningkatkan tekanan darah di mata ke tingkat yang tidak aman. Peneliti menyarankan, pemakaian dasi yang cukup longgar sebagai ruang untuk bernapas.

5. Tindik tubuh. Tindik tubuh biasanya dilakukan oleh anak muda, baik pria maupun wanita. Namun, hati-hati, berdasarkan laporan penelitian Northwestern University study tahun 2012, sebanyak 20 persen infeksi bakteri berasal dari tindik tubuh. Masalah kesehatan lainnya, yaitu menyebabkan alergi. Infeksi oleh bakteri tersebut disebabkan oleh alat tindik yang tidak higenis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com