Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gumpalan Rambut 1,5 Meter Ditemukan dalam Perut Gadis Ini

Kompas.com - 01/07/2015, 08:09 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

 

KOMPAS.com – Kavita Kumairi, gadis berusia 15 asal India ini memiliki kebiasaan langka, yaitu suka makan rambutnya sendiri. Bahkan, akibat kecanduan makan rambut, Kavita juga memakan beberapa helai rambut yang ditemukan di lantai rumahnya dan suka mencabut rambut teman-teman sekelasnya di sekolah, kemudian memakannya.

Kebiasaan makan rambut membuat Kavita tak mau makan seperti biasa. Ia juga muntah setiap kali dipaksa makan dan mengeluh perutnya sangat sakit.

Orangtua Kavita pun merasa bingung ketika perut putri mereka terlihat membesar. Kavita dibawa ke dokter dan diberi obat-obatan untuk menghilangkan nyeri serta pembengkakan di perutnya. Namun, kondisinya tak membaik.

Ayahnya, Bechan Ram (34) yang merupakan seorang petani, akhirnya membawa Kavita kembali ke rumah sakit. Di Rumah Sakit Khusus Multi Siddharth dan Pusat Penelitian di Uttar Pradesh, India, dokter menemukan ada sesuatu yang besar dalam perut Kavita.

Hasil CT scan menunjukkan, dalam perut Kavita ternyata terdapat gumpalan rambut sepanjang sekitar 1,5 meter. Gumpalan rambut yang padat itu biasa dikenal dengan sebutan hairball. Dokter kemudian mendiagnosa Kavita terkena Sindrom Rapunzel, yaitu kondisi langka di mana hairball ditemukan dalam perut karena kebiasaan makan rambut.

“Dia datang ke kami dengan keluhan rasa sakit yang hebat pada perutnya. Kondisinya sangat serius, kurang gizi dan sangat lemah. Dia nyaris tidak bisa berdiri sendiri," ujar ahli bedah gastro dan laproscopic, Lal Bahadur Sidharth.

Sindrom Rapunzel merupakan bagian dari gangguan trikotilomania, yaitu kondisi psikologis di mana seseorang memiliki dorongan yang kuat untuk makan rambut.

Tim dokter kemudian berusaha mengambil gulungan rambut tersebut dalam perut Kavita. Dokter pun terkejut melihat adanya gulungan rambut sebesar itu. Tak terbayangkan, berapa banyak rambut yang telah ditelan Kavita.

"Saya tidak berharap hairball menjadi sebesar ini. Saya belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya,” kata dokter Bahadur.

Operasi hairball pada perut Kavita pun berlangsung lancar. Setelah menjalani operasi pengangkatan hairball, Kavita berangsur pulih. Dokter akan berusaha membuat Kavita bisa makan lagi. Selain itu, Kavita juga akan menerima bimbingan konseling terkait kondisi psikologisnya.

Ibunda Kavita, Phool Devi (32) mengaku sulit mempercayai putrinya itu memiliki gangguan psikologis. Selama ini Phool mengaku tak tahu kebiasaan Kavita memakan rambut.

"Meskipun saya melihat banyak kali dia mencabut beberapa helai rambut saya dan bahkan teman-teman sekelasnya mengatakan, dia melakukan hal yang sama. Tapi saya tidak pernah menganggapnya serius karena saya pikir dia mencabut rambut hanya untuk menggoda mereka (teman sekelas Kavita). Saya tidak tahu dia rupanya makan rambut," ungkap Phool.

Phool baru merasa heran ketika putrinya kehilangan nafsu makan. Kavita juga mengalami sakit perut yang sangat parah dan tidak mampu mencerna air.

Kebiasaan Kavita memakan rambut diperkirakan sudah berlangsung selama sekitar satu tahun. Phool pun mengucapkan banyak berterima kasih pada tim dokter yang berhasil mengangkat hairball dari perut Kavita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com