Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2015, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Di negara mana Anda melakukan operasi pembesaran payudara akan berpengaruh pada bentuk payudara baru Anda. Ini karena dokter bedah di banyak negara memiliki preferensi berbeda akan bentuk dan ukuran payudara ideal.

Dalam 10 tahun terakhir memang terjadi peningkatan tren turisme operasi plastik. Akibatnya, seorang pasien bisa melakukan operasi plastik di negara mana pun yang sesuai dengan keinginan dan tentu saja bujetnya.

Sayangnya, harapan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal lewat pisau bedah belum tentu bisa didapatkan karena preferensi ideal tiap dokter bedah mungkin berbeda-beda antar negara.

"Dalam lingkungan global, pasien yang ingin melakukan operasi di negara lain belum tentu puas dengan hasilnya," kata Dr.Neil Tanna yang melakukan penelitian mengenai hal ini.

Dari survei yang dilakukan dengan melibatkan 614 dokter bedah plastik di 29 negara, Tanna menyimpulkan bahwa ada banyak variasi dari bentuk payudara yang ideal. Berikut adalah beberapa perbedaan tersebut:

- Dokter bedah plastik di India lebih memilih bentuk payudara bagian atas yang penuh.

- Dokter di Perancis lebih menyukai bagian agak atas payudara yang penuh dan bulat.

- Pasien Brasil lebih suka ukuran aerola (bagian puting) yang lebih besar saat melakukan operasi pembesaran payudara.

- Dokter bedah di Jerman lebih suka ukuran aerola yang kecil.

- Dokter bedah di Amerika Serikat, India, dan Perancis, juga menyukai ukuran aerola yang besar.

Hasil survei ini juga membuktikan bahwa tidak ada standar ideal yang sifatnya universal. Faktor budaya dan tempat seseorang tinggal ikut berpengaruh dalam menentukan payudara ideal itu seperti apa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com