Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2015, 12:15 WIB


KOMPAS.com
- Buah yang berasal dari Eropa Tengah ini  belum banyak ditemui di Indonesia. Padahal, kandungan vitamin C- nya sangat tinggi, hingga empat kali lipat dari vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk. Tak hanya itu, blackcurrant juga memiliki berbagai manfaat sehat bagi tubuh.

Segelas jus blackcurrant bisa membuat kita lebih bahagia, lebih gesit dan cerdas, bahkan membantu meringankan gangguan otak. Jus blackcurrant bisa menjaga kesehatan otak dari penyakit seperti Parkinson.

Para peneliti di Plant & Food Research, New Zealand, berkolaborasi dengan Northumbria University, Inggris untuk menjalankan sebuah studi mengenai manfaat jus blackcurrant. Sebanyak 36 orang dewasa diberikan 250 ml jus blackcurrant dan 250 ml ekstrak blackcurrant sebelum berpartisipasi dalam sebuah tes mental.

Para peneliti menemukan, bahwa dengan mengonsumsi minuman yang berasal dari blackcurrant bisa meningkatkan suasana hati dan kelelahan mental berkurang. Jus ini juga mengurangi aktivitas enzim bernama monoamine oxidases, yang mengatur jumlah serotonin dan dopamine di otak, yaitu dua zat kimia yang memengaruhi mood dan fungsi otak. Para peneliti percaya jus blackcurrant bisa menjaga kesehatan otak dan membantu pasien Parkinson menyembuhkan penyakitnya.

“Studi ini sangat menarik, bukan karena yang pertama kali mengetahui manfaat blackcurrant, tapi juga yang pertama kali mengetahui bahwa jus blackcurrant bisa memperbaiki kesehatan mental dan otak,” kata Crystal Haskell-Ramsay dari Northumbria University. Studi mengenai jus blackcurrant bisa menjaga kesehatan otak ini dipublikasikan pada Journal of Functional Food.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com