Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2015, 10:50 WIB


KOMPAS.com
- Susu dikenal dengan kandungan kalsiumnya yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, ternyata susu memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh, terutama kulit. Tak heran, jika mandi susu menjadi salah satu treatment yang dipercaya dapat mempercantik kulit. Berikut enam manfaat susu yang bisa Anda nikmati untuk mempercantik dan menyehatkan kulit.


1. Mengencangkan pori-pori

Susu dapat membantu mengencangkan pori-pori besar pada kulit dengan mudah. Kita dapat menggunakan kapas dan membentuknya menjadi bulat kemudian rendam ke dalam susu. Setelah itu, oleskan pada kulit yang memiliki pori-pori besar setidaknya tiga kali seminggu selama 20 menit. Untuk hasil yang lebih baik, kita bisa menambahkan madu alami ke dalam susu.

2. Menghaluskan kulit

Susu memiliki sifat lembut dan dapat membuat kulit kita kenyal serta lebih indah. Kita bisa mencoba untuk melakukan mandi susu setidaknya dua kali seminggu, agar mendapatkan kulit yang halus.

3. Memutihkan kulit

Mandi susu juga dapat membuat kulit tubuh kita lebih putih dan cerah. Campurkan lemon ke dalam susu agar lebih maksimal. Susu yang dicampur dengan madu pun, bisa menjadi masker wajah agar membantu kulit wajah bersinar.

4. Mengangkat sel kulit mati

Untuk mengangkat sel kulit mati, kita bisa mencampur bubuk almond atau oatmeal ke dalam susu yang kemudian berfungsi sebagai scrub. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu, untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh.

5. Mengurangi iritasi

Beberapa orang memiliki alergi terhadap kulit akibat paparan sinar matahari. Iritasi pada kulit nyatanya bisa berkurang dengan susu. Rendam kapas pada susu, kemudian tempelkan pada kulit yang iritasi minimal setengah jam. Kulit pun akan menjadi lebih baik dan sehat.

6. Mencegah penuaan

Banyak orang yang mengeluh dengan garis-garis halsu atau kerutan di beberapa bagian tubuh. Namun jangan khawatir, kita dapat menggunakan susu untuk mengatasinya. Campur susu dengan pisang yang sudah dihaluskan (membentuk pasta). Lalu, oles pada kulit yang memiliki kerutan. Lakukan ini dua kali seminggu selama 15 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com