Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2015, 17:55 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com — Seorang dokter di salah satu rumah sakit terkemuka di Tiongkok meninggal dunia karena serangan jantung mendadak setelah bekerja selama 24 jam nonstop. Dokter bernama Li Jing tersebut meninggal pada usia 43 tahun, seperti dilaporkan Central European News (CEN).

Jing meninggal saat berada di rumah bersama istrinya, dan terlihat mengalami kelelahan fisik yang berlebihan. Di mata rekan kerjanya, Jing memang dinilai sebagai pekerja yang tak kenal lelah. Jing sering lembur untuk bisa meringankan beban kerja rekan-rekannya.

Sebelum meninggal, salah satu rekan Jing, Yang Weiguang, mengatakan bahwa Jing sempat tertidur di meja kantornya setelah selesai bekerja pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 20.00. Jing juga demam saat itu.

Namun, para staf di rumah sakit tersebut tidak terlalu khawatir dengan kondisi Jing karena sudah sering melihat pekerja di rumah sakit yang kelelahan seperti itu. Weiguang pun tak menyangka, Jing yang telah berpengalaman 21 tahun sebagai dokter meninggal secara mendadak.

"Itu terjadi sangat mendadak. Kesehatannya sebenarnya baik, dan ia suka berolahraga," kata Weiguang.

Jing yang diketahui sebagai Kepala Departemen Gawat Darurat di Guangzhou Red Cross Hospital ini telah bekerja di rumah sakit tersebut sejak adanya wabah SARS, demam berdarah, dan flu burung.

Banyak rekannya menilai Jing sebagai sosok pria sederhana dan seorang pekerja keras. Menurut Weiguang, Jing bekerja terlalu banyak karena rumah sakit tersebut memang sering kekurangan tenaga medis.

"Tidak ada tenaga yang cukup untuk menangani pekerjaan dan yang memungkinkan bagi dokter untuk beristirahat,” ungkap Weiguang. Kejadian ini membuat staf medis mempertanyakan jam kerja dokter dan stafnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com