Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2015, 07:30 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, sehingga setiap orang berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah sebaik mungkin, mulai dari puasa penuh hingga menjalankan shalat tarawih bersama. Tak terkecuali para wanita yang sedang hamil pun ingin menjalankan ibadah puasa. Namun, sebenarnya amankah berpuasa selama masa kehamilan?

Menurut Dr. Sandra Fikawati, MPH,  pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), ibu hamil boleh berpuasa selama berat badannya sudah memenuhi rekomendasi kenaikan berat badan. Selain itu, kondisi kesehatan ibu hamil dan janin juga dalam keadaan sehat.

“Selama kondisi ibu hamil dan janinnya baik, tentu boleh saja berpuasa. Tapi, sebaiknya sebelum berpuasa konsultasikan dulu kondisi kesehatan dengan dokter kandungan. Jangan sampai, karena memaksakan berpuasa, justru menyebabkan kondisi kesehatan yang menurun selama kehamilan,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com.

Asupan gizi juga tak boleh disepelekan. Karena, tak bisa dipungkiri selama kehamilan, asupan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu, tapi juga dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

“Agar asupan ibu dan janin terpenuhi, usahakan tetap makan tiga kali sehari. Jadi, selama puasa, waktu makannya bergeser, saat sahur, saat berbuka puasa, dan beberapa jam setelah buka puasa. Menunya sebaiknya lengkap, kombinasi karbohidrat, protein dan serat. Jangan lupa juga minum banyak air, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi,” jelas dr. Fika yang juga penulis buku Gizi Ibu dan Bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com