Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2015, 10:29 WIB

TANYA:
 
Dokter, saya memiliki anak perempuan berusia 2 tahun 5 bulan. Saat lahir berat badannya 3,8 kg, panjang 51cm. Saat ini berat badannyanya 11 kg dan tidak kunjung naik sejak 7 bulan terakhir. Apakah mungkin postur tubuhnya yang cenderung kurus dipengaruhi secara genetik karena ayahnya memang kurus? Adakah cara untuk menaikkan berat badannya mengingat dia tidak menyukai makanan yang berserat (daging sapi, daging ayam), dan sayur. Terima kasih Dokter.
Eka (34), Jakarta


JAWAB :
Tampaknya berat badan si kecil tidak kunjung naik lebih disebabkan oleh asupan nutrisinya yang kemungkinan besar masih di bawah kebutuhan optimalnya.

Sebaiknya ibu membawanya ke dokter ahli gizi anak terdekat untuk berkonsultasi mengenai asupan nutrisi yang seharusnya diterima oelh si kecil. Diperlukan suatu analisis asupan makannya sehari-hari untuk kemudian dihitung jumlah kalori yang ia terima dengan pola makan selama ini.

Apabila didapati adanya kesenjangan/kekurangan jumlah kalori yang ia terima maka dokter akan menganjurkan menambah baik kuantitas, kualitas maupun variasi jenis makanan yang seharusnya ia terima.

Faktor keturunan sebaiknya tidak dijadikan acuan mengingat saat usia anak-anak ia memerlukan kalori dan zat gizi yang optimal untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Bila berat badan maupun tinggi badannya tidak mencapai target maka ditakutkan perkembangan motorik, kognitif dan sosialnya dapat terganggu atau berkurang potensinya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com