Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Langka, Wanita Ini Terjatuh Setiap Tertawa

Kompas.com - 13/07/2015, 18:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com 
— Tak pernah terbayangkan oleh Tracy Herring (44) untuk selalu menahan emosinya, baik saat senang maupun marah. Wanita asal Sheffield ini tak lagi bisa menonton film komedi karena ia akan terjatuh setiap kali tertawa.

Tracy menderita penyakit langka bernama cataplexy, yakni ketika otot tiba-tiba melemah atau kehilangan kontrol saat dipicu emosi yang kuat. Sebagian tubuh Tracy akan melemah jika ia meluapkan emosinya.

“Saat tertawa, leher tiba-tiba melemah. Saya kehilangan kendali pada anggota badan dan sisi kiri menjadi lumpuh. Biasanya hanya berlangsung selama beberapa detik, tetapi ini menakutkan,” kata Tracy.

Cataplexy yang dialami Tracy cukup parah sehingga ia sama sekali menghindari menonton apa pun yang lucu, bahkan tak bisa mendengar hal yang lucu. Tracy sudah tak menonton film komedi sejak ia didiagnosis menderita cataplexy tahun 2003.

Kehidupan Tracy pun berubah. Ia tak lagi bisa tertawa lepas ketika menghadiri pesta bersama teman-temannya. Tracy pun takut kekambuhan secara teratur akan membuatnya terkena tumor otak.

Penyakit cataplexy diketahui ketika Tracy dirujuk ke dokter spesialis di Rumah Sakit Thornbury, Sheffield. Tracy menjalani serangkaian tes neurologi dan dokter memastikan bahwa ia menderita cataplexy. Tracy tak pernah mendengar penyakit itu sebelumnya.

Otot melemah secara bertahap mulai dari leher, lengan, kemudian bagian kaki yang membuat Tracy terjatuh. Tracy pun selalu memberitahukan penyakitnya ini ketika baru bertemu dengan teman-temannya agar tidak kaget jika ia tiba-tiba jatuh pingsan.

Tracy juga pernah tiba-tiba terjatuh di jalanan. Untung saja, saat itu ia sedang bersama orangtuanya. "Ini menakutkan dan saya tak tahu apa yang terjadi jika hanya pergi sendiri,” kenang Tracy.

Tracy merasa malu setiap kali penyakitnya ini kambuh, termasuk ketika pertama kali bertemu kekasihnya, Michael Liar (45). Akan sulit bagi Tracy untuk tertawa bersama Michael. Sangat sulit untuk tidak tertawa bahagia dalam menjalani kehidupan. Serangan cataplexy biasanya berlangsung kurang dari dua menit atau hanya beberapa detik.

“Ini sudah semakin parah. Saya hanya berharap ada sesuatu yang bisa saya lakukan untuk menghentikan ini," kata Tracy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com