Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Membayangkan Aroma Makanan? Awas, Berat Badan Berlebih

Kompas.com - 14/07/2015, 19:10 WIB


KOMPAS.com
- Penelitian terbaru menemukan, orang-orang yang bisa membayangkan aroma dengan jelas, seperti aroma kue panggang atau cat basah cenderung punya berat badan berlebih dibanding mereka yang imajinasi penciumannya kurang tajam.

Kemampuan untuk membayangkan bau, sangat bervariasi pada setiap orang, mulai dari orang-orang yang dapat dengan mudah mampu membayangkan dengan jelas aroma manis dari sebuket bunga mawar hingga mereka yang selalu berusaha mengingat aroma tuna yang sering dikonsumsi.

Para peneliti bertanya-tanya apakah orang-orang mudah membayangkan bau, terutama bau makanan, juga cenderung berjuang dengan obesitas. “Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menginginkan mnakanan terkait dnegan obesitas, dan intensitas menginginkan makanan berkaitan dengan seberapa jelas mereka membayangkan makanan,” ujar pemimpin peneliti studi terbaru, Barkha Patel, dari bidang psikiatri Yale University.

Untuk meneliti, para peneliti memberi 25 orang, tiga kuesioner yang meminta mereka menilai kemampuan  berimajinasi, termasuk kejelasan citra visual, bayangan baud an bayangan makanan. Dalam setiap pertanyaan, partisipan diminta untuk membayangkan dengan jelas scenario tertentu, dan kemudian menilai kejelasan gambit pada skala 1 sampai 5, ujar Patel.

“Misalnya, orang mungkin akan diminta untuk menilai kemampuan mereka membayangkan aroma sabun atau shampoo yang Anda gunakan setiap hari,” katanya.

Seperti yang diperkirakan, orang-orang dalam studi ini yang memiliki indeks massa tubuh tertinggi dilaporkan memiliki kemampuan membayangkan bau dan makanan dengan lebih jelas ketimbang mereka yang indeks massa tubuhnya lebih rendah. Faktanya, pera peneliti beranggapan citra penciuman adalah prediksi terbaik dari indeks massa tubuh, termasuk bayangan visual dan makanan.

“Orang-orang yang mengalami obesitas lebih mampu membayangkan bau, baik bai makanan maupun bau non pangan,” ujar Patel pada Live Science.

Untuk memeriksa temuan, para peneliti mengulangi percobaan dengan 57 peserta baru, dan mendapatkan hasil yang sama. Para peneliti telah menyajikan hasil penelitian pada 10 Juli lalu dalam pertemuan tahunan Society for the Study of Ingestive Behavior, yaitu kelompok yang meneliti ilmu perilaku makan dan minum.

Menurut para peneliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa citra penciuman terkait dengan keinginan terhadap makanan.

Penemuan ini dapat membantu para peneliti mengembangkan program oenurunan berat badan yang akan lebih baik disesuaikan dengan setiap individu. Namun, dalam studi masa mendatang, para ilmuwan harus menilai kemampuan membayangkan secara langsung, bukan mengandalkan tindakan yang dilaporkan sendiri, kata Patel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com