Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2015, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Anak pertama memang memiliki kecerdasan lebih tinggi dibanding adik-adiknya, tapi perbedaan tingkat IQ-nya tidak terlalu tinggi.

Hasil penelitian yang melibatkan 377.000 anak sekolah menyimpulkan, anak sulung memang memiliki IQ lebih tinggi dan memiliki perilaku yang positif dibanding adik-adiknya.

Meski begitu, perbedaan tingkat kecerdasan anak sulung dengan adiknya tidak terlalu signifikan sehingga kurang berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Anak sulung cenderung lebih extrovert (berkepribadian terbuka), punya rasa ingin tahu yang tinggi dan mudah setuju. Selain itu anak pertama juga lebih jarang panik dibanding anak yang lahir di urutan kedua dan seterusnya.

"Anak pertama memiliki keuntungan tingkat IQ 0.02 lebih tinggi. Walau perbedaan itu secara statistik signifikan tapi sebenarnya tidka bermakna," kata Rodica Damian, profesor psikologi dari Universitas Houston.

Karena perbedaan itu sedikit, menurut Damian, seharusnya hal ini tidak berpengaruh pada pola asuh orangtua.

Ia mengatakan, untuk memastikan perbedaan IQ seorang anak berdasarkan urutan lahirnya, seharusnya penelitian dilakukan jangka panjang, mengumpulkan nilai tes IQ dan data kepribadian sampai anak mencapai usia tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com