Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2015, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com - Hewan peliharaan tidak hanya dapat menjadi teman terbaik. Mereka juga berefek positif untuk kesehatan, seperti mengurangi stres dan menyehatkan jantung. Berikut lima hewan peliharaan yang baik untuk kesehatan Anda.

1. Anjing
Sebuah penelitian mengungkapkan, memiliki anjing memengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida jadi lebih rendah. Memelihara anjing juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Health Journal of Physical Activity and Health tahun 2011 menunjukkan, sebanyak 34 persen pemelihara anjing lebih dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka. Selain itu, aksi menggemaskan anjing juga meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Tak heran jika penulis Chicken Soup for the Pet Lover Soul, Marty Becker mengatakan, begitu banyak yang telah dilakukan anjing untuk membuatnya bahagia dan memperpanjang usia. "Cukup dengan membelai anjing, sama seperti perawatan spa," kata dokter Becker.

Dalam waktu satu sampai dua menit, dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang akan membuat suasana hati bahagia.

2. Kucing
Kucing juga merupakan hewan lucu yang menggemaskan. Sama seperti anjing, memelihara kucing juga dapat menghilangkan stres dan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Minnesota, orang yang tidak pernah memelihara kucing memiliki risiko 40 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding yang memiliki kucing.

3. Ikan
Hewan peliharaan lainnya, yaitu ikan. Menurut Becker, melihat ikan berenang memiliki efek sama seperti mendengarkan musik. Perhatian Anda akan teralihkan ke dalam sesuatu yang lebih baik.

Suatu penelitian pernah menunjukkan, pasien yang menjalani operasi gigi, jika menatap akuarium ikan selama 20 menit dapat efektif menurunkan tingkat stres. Melihat ikan berenang-renang membuat Anda seperti dihipnotis.

4. Burung
Tak sedikit pula manusia yang memelihara burung. Menurut Gregg Takashima, pimpinan American Association of Human-Animal Bond Veterinarians, keberadaan burung dapat memengaruhi kesehatan orang yang memeliharanya juga baru diakui. Sama halnya sepeti kucing dan anjing, burung juga bisa menciptakan kesenangan ketika Anda berinteraksi dengan makhluk indah tersebut.

5. Kuda
Dilihat dari ukuran dan kekuatannya, kuda sudah pasti lebih besar dibanding hewan peliharaan lainnya. Menurut Brecker, Anda bisa mengontrol masalah dalam hidup ketika dihadapkan pada makhluk yang lebih besar.

Tak heran jika kuda sering dijadikan sebagai terapi penyembuhan. Menurut sebuah penelitian tahun 2014, kuda dapat mengurangi hormon stres pada anak-anak. Menunggang kuda juga membantu mengontrol diri dan menjaga keseimbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com