Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Olahraga Kurangi Risiko Kanker Payudara pada Wanita Menopause

Kompas.com - 24/07/2015, 16:15 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com - Tak hanya usia muda, usia tua pun tetap harus rajin berolahraga. Penelitian terbaru pada wanita yang telah menopause, rutin olahraga 45 menit per hari dapat mengurangi risiko kanker Payudara.

Menurut peneliti, olahraga 45 menit sehari dapat membakar lebih banyak lemak tubuh. Rekomendasi melakukan olahraga sebenarnya 150 menit per minggu untuk dapat mencegah penyakit. Namun, peneliti menilai 300 menit per mimggu akan lebih banyak mengurangi lemak tubuh pada wanita yang telah menopause sehingga mengurangi risiko kanker payudara.

Olahraga yang disarankan, yaitu aerobik seperti berjalan kaki, berlari, dan bersepeda. Namun, olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Dengan 300 menit per minggu dapat memengaruhi indeks masa tubuh serta mengurangi lemak bagian perut, pinggang atau pinggul. Hasil penurunan lemak akan terlihat signifikan pada wanita yang obesitas. "Kaitan antara aktivitas fisik dan risiko kanker payudara pasca-menopause didukung lebih dari 100 studi epidemiologi," kata dokter Friedenreich.

Sementara itu, dokter Kerri Winters-Stone dari Oregon Health and Science University, Portland berharap, temuan ini bisa memotivasi banyak orang untuk bergerak aktif. "Olahraga sebagai obat pencegahan penyakit adalah kunci untuk memotivasi masyarakat cukup berolahraga," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com