Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2015, 18:30 WIB


KOMPAS.com
- Tak dipungkiri, sayur menjadi makanan yang jarang dikonsumsi. Bahkan, tak sedikit orang yang tak menyukai sayur. Meu sayur adalah pilihan terakhir dari menu makanan lainnya. Protein, seperti daging dan ayam memang tampak lebih menarik jika dibanding dengan sayuran, apalagi jika diolah dengan digoreng atau dibakar.

Tanpa disadari, tubuh pun kekurangan nutrisi. Inilah sebabnya, konsumsi sayuran tak boleh dilewatkan. Banyak cara mengonsumsi sayuran, salah satunya dengan membuat jus sayur. Bberbagai manfaat sehat akan kita peroleh dengan konsumsi jus sayuran secara rutin.

 

1. Detoksifikasi

Sayur yang segar dapat membersihkan tubuh dari berbagai racun, seperti racun dari rokok atau minuman beralkohol. Kandungan air dan anti-oksidan di dalamnya, dapat membantu menghilangkan semua racun dan kemudian akan memberikan energi pada tubuh.

 

2. Membantu sistem pencernaan yang baik

Sayur mengandung serat yang akan membantu sistem pencernaan menjadi baik. Tidak hanya itu, serat juga membuat kita merasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama.

 

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Beberapa sayur nyatanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Menambahkan sedikit jahe dan seledri ke dalam jus sayur yang kita buat akan bermanfaat sebagai pembangkit energi tubuh.

 

4. Sayur adalah sumber nutrisi dan karbohidrat

Mengonsumsi sayur, termasuk dalam bentuk jus,  membuat tubuh akan mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalam sayur secara utuh. Beberapa sayur juga menjadi sumber karbohidrat yang membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat dalam waktu yang lebih lama.

 

5. Menurunkan berat badan

Sayur telah terbukti dapat menurunkan berat badan. Jus sayur adalah pilihan tepat untuk melakukan diet, karena makanan yang dikonsumsi cenderung makanan padat, yang kemudian menjadi lemak di dalam tubuh. Sedangkan jus sayur, sifatnya ringan, sehingga baik untuk kita yang ingin melakukan diet. Buatlah jus sayur dengan menambahkan air, sehingga rasa yang dihasilkan tidak terlalu pahit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com